WN Thailand dideportasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kurir narkoba asal Thailand, terpidana MUS (35) dideportasi Jumat (11/2). Menurut Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, terpidana dideportasi karena telah melanggar Pasal 75 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian Jo. Pasal 113 Ayat 1 UU No 23 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sebagaimana diketahui, 16 Desember 2010 silam, MUS tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai dari Thailand. Ketika akan dijemput supir yang akan menjemputnya di area kedatangan, petugas Bea Cukai menangkapnya karena gelagatnya mencurigakan.

Baca juga:  Pensiunan Polisi Diamankan Polres Buleleng

Setelah itu ia diamankan dan dibawa ke rumah sakit untuk dipindai perutnya. Dalam pemeriksaan tersebut didapati di dalam perutnya ada 1.280 tablet mengandung narkotika dan 2,68 gram metamphetamine. Setelah itu pihak Bea Cukai menyerahkan MUS ke Polda Bali untuk menjalani penyidikan.

“Dalam tahap persidangan ia mengaku diminta mantan kekasihnya di Thailand untuk mengantar paket narkoba ke Bali hingga akhirnya ia diputus bersalah dan divonis 13 tahun penjara denda Rp 1 miliar subsider satu tahun,” ujar Jamaruli Manihuruk.

Baca juga:  Dari Pesawat Tabrak Garbarata hingga Temuan Tulang Belulang

Setelah dipenjara kurang lebih 11 tahun dengan sudah dikurangi berbagai remisi dari pidana pokoknya, berdasarkan Surat Lepas Nomor W20.PK.01.01.02-01 tanggal 4 Januari 2022, MUS bebas dari Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan dan diserahkan ke Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Dikarenakan pendeportasian belum dapat dilakukan, Kanim Ngurah Rai menyerahkan ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar pada 4 Januari 2022 untuk didetensi dan diupayakan pendeportasiannya lebih lanjut.

Baca juga:  Tekan Ancaman Rabies, Distan Gianyar Gencarkan Vaksinasi

Kepala Rudenim Denpasar Babay Baenullah mengatakan MUS didetensi selama 37 hari. Karena sudah diterbitkannya Emergency Travel Document oleh Kedubes Thailand di Jakarta, dan telah siapnya administrasi akhirnya MUS dideportasi dengan terlebih dahulu melakukan PCR test dengan hasil negatif dan telah terbit izin masuk Thailand Pass, dapat dilakukan pendeportasian sesuai dengan jadwal. (Miasa/balipost)

BAGIKAN