Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis bantuan Dana Motivasi Kreativitas kepada perwakilan sekaa teruna dan yowana se-Kabupaten Badung, Jumat (11/2) di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sebagai upaya mewujudkan kreativitas seni, tradisi, adat dan budaya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta beserta Istri Nyonya Seniasih Giri Prasta, Jumat (11/2), mengumpulkan Ketua Sekaa Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung yang berjumlah 584 Sekaa Teruna dan Yowana. Mereka dikumpulkan dalam rangka penyerahan dana motivasi guna menunjang kreativitas tahun 2022 sebesar Rp 10 juta per Sekaa Teruna, bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Penyerahan dana dilakukan secara simbolis kepada enam orang sekaa teruna sesuai kecamatan masing-masing berupa buku tabungan. Acara yang dimeriahkan oleh seniman pelawak Bali, Celekontong Mas ini, turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Badung I Putu Parwata, Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa beserta Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Kepala Dinas Kebudayaan I Gde Eka Sudarwitha, Perwakilan Kapolres Badung, Dandim 1611 Badung, Ketua WHDI, Ketua PHDI Badung, Widyasabha Badung, Listibiya Badung serta Ketua Sekaa Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung.

Baca juga:  Lantik PNS dan Pejabat Fungsional Melalui Teleconference, Giri Prasta Ajak ASN Tingkatkan Kualitas

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan pengarahan kepada Ketua Sekaa Teruna untuk mengelola dana yang disalurkan oleh Pemkab Badung dengan cermat tepat dan transparan guna meningkatkan kreativitas Sekaa Teruna dalam melestarikan seni, tradisi, adat dan budaya Bali. “Kami selaku Pemerintah Daerah selalu berusaha untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya Bali, salah satunya dengan menyerahkan dana motivasi kreativitas dalam menyambut hari raya Nyepi tahun Caka 1944. Dengan bantuan dana ini saya berharap, Sekaa Teruna mampu meningkatkan kreativitas di bidang seni dan budaya di tengah derasnya arus modernisasi meskipun ditengah suasana pandemi. Mengingat Sekaa Teruna sebagai generasi penerus dalam melestarikan desa adat. Saya mengajak adik adik Sekaa Teruna se-Kabupaten Badung untuk ikut partisipasi aktif dalam mensukseskan segala program yang dicanangkan Pemkab Badung, utamanya dalam bidang adat seni agama dan budaya, agar bisa lestari,” ujar Giri Prasta.

Baca juga:  Pemkab Badung Sosialisasikan Penggunaan Kain Tenun Endek

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta juga menekankan Sekaa Teruna agar menjalankan Catur Brata penyepian dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan menghindari perbuatan mabuk-mabukan maupun tindakan lainnya yang berpotensi membuat kegaduhan di tengah masyarakat. Sehingga perayaan hari raya Nyepi di Kabupaten Badung bisa berjalan dengan tertib dan hikmah.

Sekaa Teruna sebagai generasi penerus pembangunan Badung diminta untuk cerdas dan aktif dalam mengelola informasi di tengah masyarakat dengan ikut terlibat dalam kelompok informasi masyarakat. “Saya berharap dana ini nantinya bisa digunakan untuk menunjang kreativitas seni dan budaya seperti dresta langu antara lain pementasan tari sakral, tari kolaborasi, pembacaan lontar, pembacaan awig-awig dan pararem serta kegiatan lainnya,” ucap Giri Prasta.

Baca juga:  Cegah COVID-19 di Pasar, Polisi Rutin Lakukan Ini

Sementara Kadis Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha melaporkan terdapat 584 Sekaa Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung yang telah mengajukan surat permohonan hibah kepada Bupati Badung. Rinciannya yaitu Kecamatan Kuta Selatan 52 permohonan, Kecamatan Kuta 30 permohonan, Kecamatan Kuta Utara 84 permohonan, Kecamatan Mengwi 207 permohonan, Kecamatan Abiansemal 115 permohonan, Kecamatan Petang 47 permohonan dan Yowana sebanyak 49 permohonan. “Karena bantuan dana ini berbentuk dana hibah, penerima juga harus menyampaikan laporan pertanggung jawaban setelah selesai kegiatan,” ungkapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN