Seorang warga memperlihatkan butiran es yang jatuh saat hujan dan angin kencang melanda Bangli, Selasa (1/2/2022). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Hujan es terjadi di wilayah Batur, Kintamani, Selasa (1/2). Fenomena langka tersebut berlangsung sekitar 15 menit. Butiran es yang turun sebesar biji jagung.

Salah seorang warga Batur Nengah Astawa mengungkapkan, hujan es terjadi sekitar pukul 14.30 wita. Saat itu dirinya sedang berada di dapur. Ia mendengar suara cukup keras pada atap dapurnya.

Setelah dicek ternyata ada butiran es yang turun dari langit ketika hujan deras disertai angin kencang. Dikatakan Astawa sebelum hujan es terjadi, cuaca di wilayah Batur masih cukup cerah sekitar pukul 11.00 WITA.

Baca juga:  Tahun Depan, Kelanjutan Renovasi Gedung BMB Dianggarkan Rp 4,5 Miliar

Kemudian dari pukul 13.00 WITA mulai turun hujan dengan intensitas cukup tinggi. “Setelah itu sempat reda, kemudian deras lagi dan disertai butiran es,” ungkap warga yang tinggal di wilayah Banjar Masem Dwi Tirta itu.

Fenomena hujan es, kata Astawa berlangsung sebentar. Sekitar 15 menitan.

Warga Batur lainnya, Ketut Wijaya juga mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan hujan es baru pertamakali terjadi di batur. “Butiran esnya lumayan, sebesar biji jagung,” ujarnya.

Baca juga:  ASN Jembrana Peduli, Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Tidak ada dampak kerusakan yang diakibatkan dari hujan es itu. “Kalau di wilayah lain saya tidak tahu. Di Batur tumben ini,” ujarnya.

Karena fenomena langka, beberapa warga mengabadikan hujan es lewat handphone dan membagikannya di media social.

Sementara itu, Kepala BPBD Damkar Kabupaten Bangli I Wayan Wardana mengaku belum mendapat laporan terkait hujan es tersebut. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN