Petugas membersihkan material longsor yang menutup akses jalan di Desa Macang, Bebandem. (BP/Istimewa)

Karangasem, BALIPOST.com – Bencana tanah longsor dan pohon tumbang melanda wilayah Banjar Tri Wangsa, Desa Macang, Bebandem, Selasa (18/1) sore. Bencana itu, sempat menggangu akses jalan karena material longsoran menimbun badan jalan.

Kepala BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Rabu (19/1), mengungkapkan bencana tanah longsor yang terjadi sempat menghambat lalu lintas. “Tak hanya longsor, bencana pohon tumbang juga melanda wilayah itu. Longsor serta pohon tumbang sempat menutupi jalan rabat beton menuju Pura Beji. Sehingga mengakibatkan lalu lintas sempat terganggu,” ucapnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Hadiri Puncak Karya Ida Batara Turun Kabeh

Arimbawa, menambahkan, pihaknya bersinergi dengan masyarakat langsung melakukan pemotongan pohon tumbang untuk membuka akses jalan. Saat ini jalan sudah bisa dilalui pejalan kaki dan motor.

Sedangkan untuk material longsor sudah dievakuasi. “Material sudsh kita bersihkan secara bergotong royong. Sekarang akses lalulintas sudah bisa dilintasi kendaraan,” katanya.

Dia mengimbau, warga untuk tetap waspada dan hati-hati. Sebab, Karangasem mengalami anomali cuaca. “Kita minta warga bisa menjauhi tebing, pohon ketika hujan untuk mengurangi risiko bencana,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Dampak Bencana, Ratusan Warga Karangasem Ngungsi
BAGIKAN