Gede Dana meluncurkan AJP Rayon Bebandem dan Sidemen, Selasa (18/1). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelayanan antar jemput pasien dan jenazah (AJP) di Karangasem ditambah dua rayon. Kedua rayon ini adalah Bebandem dan Sidemen.

Bupati Karangasem I Gede Dana meluncurkan layanan itu bertempat di Puskesmas Bebandem, pada Selasa (18/1). Dengan ditambahnya rayon ini, pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Bumi Lahar bisa terwujud.

Kadis Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama, mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah membuat pelayanan kesehatan untuk rayon Rendang, Rayon Abang, Rayon Kubu, Rayon Karangasem, Rayon Manggis, dan Rayon Selat. “Sekarang ini kita ditambah lagi Rayon Bebendem dan Sidemen,” ucapnya.

Baca juga:  Jaringan Pipa Telaga Waja Diharap Mampu Atasi Kesulitan Air Bersih Tianyar

Pertama, menambahkan, dengan tambahan rayon ini, diharapkan masyarakat mampu mengakses pelayanan kesehatan dalam mengantar pasien dan jenazah bagi yang kesulitan transportasi. Kata dia, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pelayanan.

Mulai dari, mobil operasional, tenaga kesehatan, pendamping, serta tenaga medis. “Untuk mobil untuk Bebandem 3 unit, Sidemen tiga unit. Untuk tenaga yang dilibatkan semuanya adalah 24 orang Dan penambahan Rayon Bebendem dan Sidemen ini adalah untuk pemerataan pelayanan kesehatan di masing-masing kecamatan. Karena hingga saat ini masih banyaknya masyarakat Karangasem yang sulit mengakses pelayanan kesehatan karena minimnya transfortasi yang dimiliki,” Katanya.

Baca juga:  Hektaran Cabai di Sidemen Rusak

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gede Dana, menjelaskan, untuk tenaga yang dilibatkan tidak ada merekrut baru, karena pegawai yang ada dimanfaatkan untuk pelayanan AJP ini. Begitu juga mobil tak ada pengadaan baru. Mobil diperolehd ari perampingan OPD dan semua kendaraan masih layak pakai.

“Kita ingin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga. Kita tidak hanya menjemput dan mengantar saja, tapi langsung mengurus administrasi sampai mendapatkan pengobatan,” ucapnya.

Baca juga:  Dewan Desak Eksekutif Tindaklanjuti Tingginya Kebocoran Pajak Galian C

Ia menyatakan, selama ini pelayanan kepada masyarakat sebanyak 6 ribu lebih. Dana meminta, supaya petugas dapat bekerja dengan baik, dan tulus melayani dan membantu orang sakit. “Semoga layanan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bila nantinya pelayanan ini semakin diminati oleh masyarakat, ke depannya pihaknya bakal menambah tranportasi, tenaga kesehatan, pendamping maupun sopir. “Kita harap akhir 2022 nantinya kita bisa tambah semua itu,'” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *