Wakapolres Badung Kompol I Ketut Dana sidak rutan mapolres. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tidak ingin kebobolan terkait tahanan kabur seperti di Polres Jembrana, Polres Badung dan jajarannya serentak sidak ruang tahanan (rutan). Pemeriksaan dilakukan terhadap kondisi rutan hingga petugas jaga.

Selain itu, polisi juga mengecek kondisi dan barang bawaan tahanan. Seperti dilakukan Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana, Selasa (18/1), memeriksa rutan secara berkala untuk mencegah upaya tahanan melakukan tindakan diluar aturan dan kabur.

“Selain petugas jaga tahanan yang rutin melakukan pengecekan tahanan, saya diperintahkan kepada seluruh personel Polsek Mengwi yang melintasi ruang tahanan untuk ikut berpartisipasi melakukan pengawasan seputaran ruang tahanan,” tegasnya.

Hal ini harus dilakukan untuk meminimalisir tindakan para tahanan untuk melakukan hal hal yang tidak sesuai dengan ketentuan. Bahkan saat sidak tersebut, Kompol Darsana memerintahkan anggotanya naik ke plafon melakukan pengecekan secara detail.

Baca juga:  Baliho Langgar Aturan Ditertibkan

Kegiatan sama juga dilakukan Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto, Senin (17/1). Kompol Ruli Susanto mengecek kondisi rutan dan jumlah tahanan. Menurutnya sidak ini dilakukan supaya petugas jaga selalu waspada dan kondisi rutan aman, bersih serta kondusif.

Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari, juga melakukan sidak pada Selasa pagi. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan di dalam rutan tidak selimut, korek api, piring kaca, sendok besi dan barang lainnya yang dapat membayakan diri sendiri atau orang lain tidak berada dalam rutan. “Tidak ditemukan barang-barang terlarang. Tahanan Polsek Kuta Utara berjumlah 4 orang dalam keadaan sehat,” tegas Kompol Diah.

Baca juga:  Sidak Diduga Bocor, Tak Temukan Penambang Ilegal Hanya Karung Berisi Pasir Diamankan

Kapolsek Diah juga mengecek kondisi pintu sel, plafon, teralis ventilasi, ruang jemur dan kunci gembok. Sedangkan Wakapolres Badung Kompol I Ketut Dana melakukan sidak pada Minggu (16/1).

Sidak dilakukan di beberapa ruang tahanan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang merugikan, baik terhadap tahanan itu sendiri maupun Polri, khususnya Polres Badung. Selain itu untuk memastikan petugas jaga tahanan melaksanakan tugas dengan baik sesuai SOP.

Baca juga:  Satpol PP Bali Hentikan Galian di Kutuh

Sasaran sidak yaitu petugas jaga tahanan, tahanan, terutama keamanan, kesehatan serta barang-barang yang tidak boleh berada di dalam ruang tahanan, seperti korek api, sarung, benda tajam, sendok besi, dan lainnya.

Dari sidak tersebut diketahui 54 tahanan kondisinya sehat. “Petugas jaga tahanan sudah selalu siaga. Tahanan juga sehat dan tidak ada barang – barang terlarang di sana,” kata Kompol Dana.

Mantan Kabag Sumda Polresta Denpasar ini menyampaikan, pihaknya berupaya meminimalisir hal-hal yang tidak diingiinkan. Oleh karena itu dalam melaksanakan tugas harus berpedoman pada SOP. Dengan demikian tidak ada tahanan yang bisa melarikan diri. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN