Ilustrasi. (BP/Antara)

MALANG, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, melaporkan sejumlah warganya terpapar virus corona varian Omicron. Mereka sudah menjalani isolasi. Demikian dikemukakan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto di Malang, Sabtu (15/1).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Wabup mengatakan bahwa saat ini tiga warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari terkonfirmasi terpapar COVID-19 varian omicron. “Ada tiga orang warga yang positif di Banjararum. Ketiganya sudah kami isolasi,” katanya.

Didik menjelaskan, dengan adanya temuan varian omicron di Desa Banjararum tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang telah menerjunkan satgas penanganan COVID-19 di wilayah itu untuk memantau aktivitas warga.

Baca juga:  Dua Hari Berturut-turut, Bali Catatkan Tambahan Kasus COVID-19 di Atas 130 Orang

Menurutnya, petugas yang berjaga di wilayah tersebut akan membatasi mobilitas warga Desa Banjararum untuk meminimalkan potensi penyebaran virus corona varian omicron. Pengetatan mobilitas warga tersebut dilakukan secara terbatas pada wilayah zona merah itu.

“Di lokasi kami lakukan lockdown lokal. Kemudian, kami juga siagakan petugas untuk memantau lalu lintas warga,” ujarnya.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Malang tengah melakukan pelacakan terhadap kontak erat pasien konfirmasi itu. Diharapkan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan, proses pelacakan akan rampung.

Baca juga:  Ingin Lihat Peperangan Suku Papua? Ke Festival Lembah Baliem Aja

Ia menambahkan ketiga pasien konfirmasi positif COVID-19 varian omicron tersebut saat ini menjalani isolasi pada fasilitas isolasi terpusat yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Malang, di wilayah Kecamatan Kepanjen.

“Kami upayakan untuk 1-2 hari pelacakan. Mereka menjalani isolasi terpusat di Kepanjen,” katanya.

Didik tidak merinci apakah ketiga pasien konfirmasi positif COVID-19 varian omicron tersebut baru saja melakukan perjalanan dari luar daerah. Kasus konfirmasi COVID-19 varian omicron di Kabupaten Malang tersebut merupakan yang pertama di wilayah Malang Raya (Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu).

Baca juga:  Korban Jiwa hingga Puluhan Dicatatkan Bali! 2 Kabupaten Sudah Sepekan Tambah Kematian

Secara keseluruhan, katanya, di wilayah Kabupaten Malang ada 14.579 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan tersisa 24 kasus aktif. Sebanyak 13.592 orang dilaporkan sembuh, sementara 963 orang meninggal dunia. (kmb/balipost)

BAGIKAN