Warga berupaya membawa paus terdampar di Pantai Padanggalak ke tengah laut. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kawanan paus berjumlah empat ekor terdampar di sekitar Pantai Padanggalak, Denpasar. Sebelumnya, kawanan ini terdampar pada Rabu (12/1).

Sejumlah paus itu sempat digiring menuju ke tengah laut. Namun, pada Kamis (13/1) kawanan paus berukuran sekitar 2,5 meter ini, kembali menepi ke pinggir.

Menurut Kepala Balai Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut, Permana Yudiarso, ST. MT., kawanan paus ini diperkirakan spesies Paus Kepala Melon. Diduga kawanan paus ini menepi karena ada salah satu paus mengalami luka. Akibatnya tiga paus lain ikut menunggu.

Baca juga:  Di Bali, Ini Sektor yang Berpotensi "Go Public"

Kawanan paus ini, kata dia, sempat didorong ke tengah laut oleh warga setempat, namun diduga karena 1 paus dalam kondisi sakit, akhirnya kembali menepi. “Hari ini, 1 paus didorong warga karena akan terdampar. Ya, kemungkinan ada 1 paus yang sakit, sehingga 3 paus yang lain menunggu di sekitarnya,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (13/1).

Terkait kondisi kawanan paus itu, pihaknya belum mengetahui pasti. “Dugaan awal, 1 paus yang hendak terdampar akibat sakit,” ucapnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Korban Jiwa Masih 2 Digit, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Capai Seratusan Orang
BAGIKAN