Pedagang Pasar Galiran saat mengikuti vaksinasi lanjutan. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Penyebaran Virus Omicron menimbulkan kekhawatiran di tengah upaya pencegahan COVID -19. Seluruh masyarakat diminta waspada dalam menyikapinya, dengan tetap disiplin prokes. Seperti yang dilakukan pihak kepolisian, mereka langsung menyasar pusat kerumunan seperti Pasar Umum Galiran, Klungkung, Selasa (4/1), untuk memastikan pembeli maupun pedagang, tetap disiplin prokes.

Pihak kepolisian melakukan banyak kegiatan, mulai dari sidak prokes, membagikan masker, hingga vaksinasi lanjutan. Satuan Samapta Polres Klungkung membagikan masker gratis kepada warga di Pasar Galiran sekaligus mengedukasi warga untuk selalu disiplin prokes. Ini untuk saling mengingatkan akan bahayanya varian baru Omicron sehingga perlu diwaspadai. Dengan memakai masker minimal bisa mengurangi dampaknya.

Baca juga:  Buleleng Incar Pasar Kopi Robusta

“Agar tidak sampai muncul kluster baru. Itu yang kami khawatirkan. Sehingga kegiatan rutin yang ditingkatkan, terus menyasar warga, untuk terus mengingatkan agar jangan lengah,” kata Kasat Samapta AKP Dewa Ketut Alit Kamboja,” katanya.

Personil lainnya juga menyasar keramaian Pasar Galiran dengan menyasar para pedagang maupun pengunjung pasar yang belum melakukan vaksinasi. Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, mengatakan aksi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19 dengan menyasar pusat-pusat keramaian publik seperti pasar.

Tak hanya di Pasar Galiran, gerebek Vaksinasi COVID-19 juga dilakukan di pasar-pasar lainnya, untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses lokasi vaksinasi. “Seperti misalnya di pasar, selama ini para pedagang tidak bisa meninggalkan tempat dagangannya untuk melaksanakan vaksinasi. Karena itulah, kami yang datang untuk memberikan layanan vaksinasi,’’ katanya.

Baca juga:  Sempat Kabur, Turis Australia Terancam 20 Tahun Penjara

Tim Vaksinator Klinik Bhayangkara Polres Klungkung turun langsung memberikan pelayanan kemanusiaan Vaksinasi COVID-19. Kapolres menegaskan masyarakat tidak perlu takut untuk mengikuti vaksinasi. Karena dengan vaksin masyarakat turut serta dalam membantu pemerintah dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Percepatan Vaksinasi Nasional merupakan program pemerintah demi membentuk Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) agar masyarakat Indonesia dapat terbebas dari pandemi COVID-19 sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal.

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19, Petugas Gabungan Intensifkan Patroli Prokes

Sementara personil lainnya, juga bergerak ke tempat lembaga pendidikan, seperti Bahamas Maritime School serta di wilayah Desa Kamasan, Selasa (4/1). Kasat Lantas Polres Klungkung AKP Wahyu Joko Nugroho, mengatakan Dikmas Lantas Polres Klungkung membagikan masker gratis sekaligus mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat

“Karena akhir-akhir ini cuaca tidak menentu jadi kami ingatkan kepada masyarakat untuk membiasakan diri tetap menggunakan masker guna terhindar dari penyebaran Covid-19 varian baru omicron” Kata AKP Wahyu Joko Nugroho. (Bagiarta/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *