Bekas Pasar Latu rencananya digunakan sebagai lokasi SMPN 5 Abiansemal. (BP/istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Abiansemal, Badung sempat mengemuka pada 2018. Namun hingga 2021, pembangunannya tak kunjung terealisasi.

PLT BPKAD kabupaten Badung, Luh suryaniti saat rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Senin (27/12), mengatakan anggaran untuk pembangunan SMPN 5 Abiansemal ini kembali disiapkan di 2022. Ia mengatakan selain SMPN 5 Abiansemal, pemerintah juga akan mewujudkan gedung SMPN 7 Mengwi.

Kedua gedung SMPN ini akan diwujudkan di 2022 dengan total anggaran Rp 32 miliar. “Yang kita anggarkan adalah pembangunan gedung SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 7 Mengwi sebesar Rp 32 miliar,” ungkapnya.

Baca juga:  Kunjungi Smansa, Ini yang Dilakukan Putra Bungsu Jokowi

Selain itu, dianggarkan pengadanaan tanah SD Dalung sebesar Rp 7 miliar. Dana ini sebagai ganti rugi setelah melalui proses pengadilan dan pembangunan SD Kuwum Rp 3,5 miliar.

Wakil Ketua Komisi I, Made Ponda Wirawan yang hadir dalam rapat tersebut menyambut baik penganggaran gedung SMPN 5 Abiansemal. Sebab, saat ini pihak sekolah masih meminjam gedung di SDN 1 Abiansemal dan SDN 5 Abiansemal.

“Rencana pembangunan SMPN 5 Abiansemal itu sudah tiga tahun, satu generasi sudah habis itu masih numpang di SD,” katanya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Hadiri Rakor Tematik Manajemen Aset Daerah

Seperti diketahui, sesuai rencana gedung sekolah itu akan dibangun di lahan Pasar Kertha Sari atau yang lebih dikenal dengan Pasar Latu di Kecamatan Abiansemal. Anggarannya Rp 55 miliar.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Badung, Made Mandi mengatakan pembangunan SMP Negeri 5 Abiansemal belum dapat dilakukan lantaran semua anggaran difokuskan pada penanganan pandemi COVID-19.
“Maaf belum bisa dilakukan (pembangunan SMP Negeri 5 Abiansemal -red), karena masih pandemi semua anggaran difokuskan ke penanganan Covid-19,” ungkapnya singkat.

Baca juga:  Ketua Kelompok Ternak Diadili Korupsi Bantuan Sapi

Sebelumnya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga mengakui hingga kini pembangunan sekolah itu belum bisa direalisasikan. “Untuk masalah pembangunan nanti dulu. Kita fokus penanganan covid-19 ini,” katanya.

Menurut Bupati Giri Prasta rancangan terkait pembangunan SMPN 5 Abiansemal, telah dibuatkan rancangan. “Untuk itu sudah kita rancang, namun kini kita fokus masalah pandemi dulu,” ucapnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *