Seorang warga di Denpasar, Bali, menerima suntikan vaksin COVID-19 dari tenaga kesehatan. Cakupan vaksinasi di Bali untuk dosis 2 sudah hampir 90 persen. (BP/eka)

JAKARTA, BALIPOST.com – Vaksinasi masih menjadi salah satu upaya efektif menangkal dan menghentikan sebaran virus COVID-19. Namun disayangkan, akselerasi program vaksinasi di Indonesia masih terhambat adanya disinformasi di tengah masyarakat. Demikian dikemukakan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Jumat (24/12).

Dedy menjelaskan, dari riset yang dilakukan oleh John Hopkins Center for Communication Programs pada November 2021 terhadap 27.375 responden di Indonesia, 45 persen responden menyatakan
keraguannya terhadap vaksinasi karena efek samping dari vaksin COVID-19. Sedangkan sebanyak 31 persen responden lainnya bersedia untuk di vaksin, namun masih belum yakin dengan keamanannya.

Baca juga:  Dua Hari Nihil, Bali Laporkan Lagi Tambahan Korban Jiwa COVID-19

Kemudian, kata Dedy, survei dari Palang Merah Indonesia yang didukung Federasi Palang Merah
Internasional dan Bulan Sabit pada akhir September 2021, juga mengungkapkan dua faktor yang menjadi alasan utama masyarakat menolak vaksinasi COVID-19. “Alasan pertama ialah takut akan injeksi beserta efek sampingnya dan yang kedua adalah masih mencari informasi komprehensif terkait vaksin,” imbuh Dedy.

Selain itu diseminasi informasi yang benar ke masyarakat mengenai efek vaksinasi, kata Dedy masih terhambat dengan banyaknya hoaks di ruang digital. “Hal ini tentunya sangat berbahaya dan memiliki dampak besar terhadap upaya negara untuk lepas dari jerat pandemi COVID-19,” katanya.

Baca juga:  Korban Jiwa COVID-19 Nasional Bertambah Hampir 20 Orang

Ia mengatakan menurut laporan yang dilansir oleh Satgas COVID-19 per 22 Desember 2021, sudah terdapat lebih dari 153,5 juta penduduk Indonesia yang telah menerima vaksin dosis pertama dan sekitar 108,5 juta penduduk di antaranya telah menerima dosis kedua. Angka tersebut dikatakan Dedy masih belum memenuhi target sasaran vaksinasi nasional yaitu sebesar 208,2 juta penduduk.

Tidak hanya seputar vaksinasi, beragam hoaks terkait penyakit COVID-19 sendiri dan PPKM juga
pada akhirnya membuat masyarakat menghiraukan bahaya yang ditimbulkan oleh virus tersebut.
Menurut data Kementerian Kominfo sejak Januari 2020 sampai 23 Desember 2021, hoaks dan
disinformasi di ruang siber seputar COVID-19 masih bertambah.

Baca juga:  Turun, Tambahan Kasus COVID-19 Bali di Bawah 35 Orang

Secara keseluruhan, ungkapnya, pada minggu ini total pertambahan hoaks tentang COVID-19, vaksinasi COVID-19 dan PPKM adalah sebanyak 17 isu di 64 unggahan media sosial, sedangkan pada minggu sebelumnya terdapat total pertambahan 10 isu di 72 unggahan media sosial. “Bagi seluruh masyarakat Indonesia, mari kita hentikan persebaran hoaks, gunakan masker, dukung upaya vaksinasi, dan ikut serta dalam menekan angka persebaran COVID-19 di tanah air,” ajaknya. (kmb/balipost)

BAGIKAN