Candi ditutup plastik. (BP/Ant)

MAGELANG, BALIPOST.com – Akibat hujan abu dari Gunung Merapi, sejumlah candi yang jaraknya berdekatan dilakukan penutupan dengan plastik. Penutupan berdasarkan atas arahan dari BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Candi yang ditutup diantaranya, Candi Asu dan Candi Pendem di Desa Sengi, Dukun, Kabupaten Magelang. Candi Sari dan Petirtaan Cabean Kunti di Kabupaten Boyolali.

“BPCB Propinsi Jawa Tengah memberi arahan untuk menutup candi-candi yang berdekatan dengan Gunung Merapi untuk mengantisipasi hujan abu jika terjadinya erupsi Gunung Merapi,” kata Teknisi Konservasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah, Mantoro, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (1/2).

Baca juga:  Pohon Santen Tumbang Timpa Candi Pura Puri Agung Dalem Tarukan

Penutupan candi dengan plastik tersebut diharapkan jika terjadi hujan abu tidak mengenai batuan candi. Juru Pelihara Candi Asu dan Pendem, mengatakan penutupan Candi Asu dengan plastik dilakukan pada Jumat (29/1), kemudian Candi Pendem ditutup pada Sabtu (30/1). Jarak antara Candi Asu dengan Candi Pendem sekitar 300 sampai 400 meter. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *