Seorang pedagang sembako di pasar tradisional sedang melayani pembeli. (BP/Hendri Febriyanto)

DENPASAR, BALIPOST.com – Berdasarkan Survei Pemantauan Harga yang dilakukan Bank Indonesia pada minggu pertama Desember 2021, terdapat tiga komoditas yang terpantau mengalami kenaikan harga cukup tinggi. Ketiga komoditas ini adalah tiket angkutan udara, minyak goreng dan cabai rawit.

Ekonom Ahli Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Donny H. Heatubun, Kamis (9/12), mengatakan kenaikan harga tersebut disinyalir sebagai akibat dari kenaikan permintaan seiring dengan pariwisata di Bali yang mulai bangkit. Khususnya untuk minyak goreng dikarenakan kenaikan harga CPO yang berlaku secara nasional.

Di samping itu, berdasarkan data neraca pangan 9 komoditas, Kota Denpasar tercatat mengalami defisit 8 komoditas dan surplus 1 komoditas. Artinya, sebagian besar pasokan bahan pokok di Kota Denpasar disuplai oleh dari daerah lain.

Baca juga:  Minyak Goreng Makin Langka

Berdasarkan data neraca pangan tersebut, Donny mendorong TPID Kota Denpasar untuk melakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan daerah lainnya, baik di dalam maupun luar Provinsi Bali. KAD tersebut memiliki peran strategis untuk mendukung ketersediaan stok dan kelancaran distribusi bahan makanan di Kota Denpasar.

Di samping itu, TPID Kota Denpasar juga perlu membentuk BUMD Pangan sebagai penyeimbang harga bahan pangan di pasar agar tidak sepenuhnya ditentukan oleh pemain swasta. Dengan demikian, program pengendalian inflasi oleh TPID Kota Denpasar akan berjalan lebih efektif.

Baca juga:  Pemkab Jembrana Raih Peringkat 2 Paritrana Award

Kepala BPS Kota Denpasar Eman Sulaeman menyampaikan tingkat inflasi Kota Denpasar pada November sebesar 0,71% (mtm). Kota Denpasar menempati urutan ke-12 dari 84 kota yang mengalami inflasi.

Sejumlah komoditas utama penyumbang inflasi di Kota Denpasar, diantaranya canang sari, tarif angkutan udara, minyak goreng, emas perhiasan dan air kemasan. Sementara itu, beberapa komoditas yang tercatat mengalami penurunan harga ialah mangga, mainan anak, popok bayi sekali pakai, susu cair kemasan dan sawi hijau.

Baca juga:  PPDB SD, Lagi Orangtua Siswa Mengeluh

Kepala Bulog Kanwil Bali Mohammad Alexander menyebut jumlah stok bahan makanan di gudang Bulog saat ini masih dalam keadaan yang mencukupi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kota Denpasar. Saat ini Bulog memiliki 22 unit gudang dengan kapasitas 41.500 ton dan 921 outlet RPK (Rumah Pangan Kita). Dalam rangka pengendalian inflasi, Bulog juga ikut serta melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *