UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis (9/12). Hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama BRI Sunarso. (BP/Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus menjadi perhatian utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank terbesar di Indonesia. Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-126, BRI pun mewujudkan dukungan tersebut melalui penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Rangkaian acara yang berlangsung pada 9-16 Desember 2021 ini mengusung tema “Dari Indonesia untuk Dunia”. Adapun peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi.

Dalam opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis (9/12), hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama BRI Sunarso.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, BRI terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk naik kelas. Salah satu strategi yang dilakukan adalah mendorong nasabah UMKM menembus pasar ekspor melalui event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021. “BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM. Semoga event ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia. Pada akhirnya, hal ini akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” katanya.

Baca juga:  Perkenalkan UMKM Lokal, Guwang Gelar GVF

Senada, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya secara virtual juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan event ini. Dengan membeli dan menggunakan produk UMKM indonesia, menjadi bukti atas kecintaan terhadap produk indonesia.

“Setelah gencar digitalisasi UMKM, saatnya pelaku usaha meningkatkan ke pasar internasional. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 menjadi peluang emas untuk menangkap peluang tersebut. Selamat dan sukses untuk BRI sebagai bank yang terus memainkan peran terbaik dalam membesarkan UMKM Indonesia,” ungkap Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN RI Erick Thohir juga mendorong masyarakat untuk terus bangga memakai produk asal Indonesia. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sendiri dinilai penting sebagai momentum UMKM untuk survive dan menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi.

Baca juga:  Digital Banking BRImo Berkontribusi Kurangi Emisi dan Penggunaan Kertas

“UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 bertujuan meningkatkan kualitas UMKM agar naik kelas baik secara mindset maupun omzet. Ayo kita menyalakan harapan dan menggerakkan ekonomi Indonesia dengan menggunakan produk lokal Indonesia,” ungkapnya.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki pun mengapresiasi BRI sebagai bank yang senantiasa konsisten mendampingi UMKM, baik dari sisi pembiayaan maupun pelatihan. “Semoga UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Selama situasi pandemi, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredit. Total restrukturisasi kredit mencapai Rp241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah yang mayoritas adalah UMKM. Sampai Oktober 2021, outstanding kredit direstrukturisasi BRI juga sudah menurun menjadi Rp163 triliun untuk 2,2 juta nasabah.

Adapun untuk penyaluran kredit BRI hingga September 2021, nilainya mencapai Rp749,3 triliun atau setara 80,5% dari total Kredit BRI yang sebesar Rp877,6 triliun.

Baca juga:  Masyarakat Berperan Cegah Lonjakan Kasus COVID-19

Dalam acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, BRI telah mengundang buyer internasional dari 30 negara dalam business matching. Selain itu juga dihadirkan berbagai talkshow cerita inspiratif sebagai motivasi untuk pelaku UMKM.

Poin paling menarik, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 akan menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 adalah pengumuman dan penyerahan UMKM Award 2021. Beberapa kategori penghargaan yang diberikan antara lain Best Expo, Best Business Matching yang terdiri dari Top Deals & Best Newcomers, serta UMKM Favorit pilihan netizen sosial media. Penghargaan ini menjadi tolok ukur atas prestasi dan kerja keras pelaku UMKM. Diharapkan, pemenang bisa menjadi role model bagi UMKM lainnya. BRI juga menyerahkan donasi kepada Sahabat UMKM di akhir acara. Untuk menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan, masyarakat dapat mengakses website www.brilianpreneur.com. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *