Wabup Kasta saat turun ke lokasi dampak bencana sanggah roboh. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Dampak cuaca buruk hujan lebat disertai angin kencang menumbangkan banyak pohon. Namun, apes bagi I Made Suryana warga Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, pohon tumbang justru menerjang sanggahnya hingga hancur. Menindaklanjuti kejadian ini, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, Rabu (8/12) meninjau langsung ke lokasi.

Wabup Kasta didampingi Camat Dawan I Dewa Gede Widiantara menuju rumah warga di Banjar Mekulis Desa Dawan Kaler ini. Pemilik rumah Made Suryana menjelaskan, peristiwa tersebut berlangsung sekitar pukul 05.00 pagi. Pohon kelapa itu sudah tua dan akarnya sudah lapuk. Sehingga tidak bisa menopang batang kelapa yang sudah sangat tinggi.

Baca juga:  Sekaa Gong Kebyar Eka Wakya, Puluhan Tahun Pertahankan "Kekebyaran" Buleleng

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kebetulan saat kejadian tidak ada aktivitas di sanggah korban. Suryana segera melaporkan kejadian itu kepada petugas BPBD Klungkung. Agar segera mendapat penanganan. Petugas BPBD segera membersihkan dan memotong pohon kelapa tersebut, sehingga batang kelapa bisa dipindahkan dan tidak menghalangi akses jalan yang digunakan masyarakat sekitar.

Dengan kejadian tersebut Wabup Kasta kembali mengingatkan warga sekitar maupun seluruh masyarakat, apabila ada pohon besar yang dirasakan sangat rawan akan roboh karena sudah lapuk, agar warga segera melakukan langkah-langkah mitigasi atau pencegahan. Dengan menebang terlebih dahulu pohon tersebut, sebelum terjadi hal-hal yang tidak inginkan.

Baca juga:  Tiga Tahun Direlokasi, Korban Bencana di Yeh Mampeh Baru Diberikan Bantuan Isian Hunian Tetap

“Cuaca berubah dengan cepat dan ekstrim. Maka, saya selalu mengingatkan lakukan langkah-langkah pencegahan. Potong pohon-pohon yang dirasakan berbahaya, tidak menimpa rumah. Apalagi sampai orang,” katanya.

Apabila alat minimnya untuk membersihkan atau menebang pohon tersebut, Wabup Kasta menegaskan masyarakat bisa menghubungi petugas BPBD, agar bisa segera ditangani dengan cepat. Petugas BPBD memiliki Tim Reaksi Cepat yang selalu siap melakukan penanganan, sebagai upaya pencegahan di lapangan. Pada kesempatan ini, Wabup Kasta juga menyerahkan bantuan sembako yang diberikan oleh PMI kepada penyandang distabilitas yang kebetulan adik dari pemilik rumah yang tertimpa pohon. (Bagiarta/Balipost)

Baca juga:  Puluhan Ribu Data Kependudukan Warga Karangasem Dinonaktifkan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *