Suasana di Pantai Sanur, Denpasar mulai ramai dikunjungi pascapembukaan obyek wisata di Bali dan pelaksanaan PPKM Level 2. (BP/Hendri Febriyanto)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster, saat penyerahan DIPA dan alokasi TKDD 2022 di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Selasa (7/12) menyebut kunjungan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali sudah lumayan tinggi. Data per 6 Desember, kata Gubernur Koster, mencapai puluhan ribu orang datang ke Bali dalam sehari.

Dipaparkannya, jumlah kunjungan wisdom melalui Bandara Ngurah Rai mencapai 12 ribu per hari. Sementara itu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui jalur darat juga tak jauh beda, yakni lebih dari 10 ribu per hari.

Baca juga:  Seminggu Dilimpahkan, Inspektorat Belum Hasilkan Rekomendasi Petugas OTT Pungli di Gilimanuk

“Artinya apa? Di hari begini saja sudah 22 ribu lebih yang datang ke Bali. Jadi mulai ramai. Pesawat mulai penuh, yang tadinya cuman tiga kali penerbangan, kita tambah jadi lima penerbangan. Kemudian tambah lagi menjadi tujuh penerbangan, ternyata penuh juga,” ungkap Koster.

Atas penambahan menjadi tujuh penerbangan per hari oleh Garuda, Koster menyebut mampu menyumbang kunjungan 4.000 hingga 5.000 pelancong per hari ke Bali. Saat ini Bali hanya berharap pada wissom, sebab wisatawan mancanegara (wisman) belum bisa berwisata, terutama mereka yang berasal dari negara yang masih lockdown.

Baca juga:  Hadapi Era Milenial, Nyastra Wujud Kesadaran Pemahaman Agama

Menimbang kunjungan turis terus meningkat, Gubernur mengusulkan kepada Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi agar menambah maskapai penerbangan ke Pulau Dewata.

Dengan mulai tumbuhnya kunjungan ke Bali, pertumbuhan ekonomi diyakini tumbuh positif di triwulan empat.

Baca selengkapnya di media partner DENPOST.id

BAGIKAN