Bupati Suwirta saat membuka seminar. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-93 tahun 2021, Pemkab Klungkung mengadakan acara seminar. Seminar dibuka Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung Senin (6/12).

Melalui seminar ini, Bupati Suwirta berharap dapat merubah pola pikir anggota organisasi Wanita Se-kabupaten Klungkung untuk dapat mengambil peran sesuai dengan materi seminar, menjaga kesehatan dan kebersihan di keluarga maupun di tengah masyarakat.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Ny. Sri Kasta, Ketua Gatriwara Ny. Anak Agung Gede Anom dan seluruh Organisasi Wanita Se-Kabupaten Klungkung serta undangan terkait lainnya. Bupati Suwirta berpesan agar anggota Organisasi Wanita di Kabupaten Klungkung dapat mentauladani tokoh-tokoh wanita yang selama ini memotivasi anggota organisasi untuk menjadi wanita/ibu-ibu yang hebat bagi keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat.

Baca juga:  BPJS Kesehatan Klungkung Klarifikasi Mekanisme Peserta "Naik Kelas" di RS

Bupati Suwirta menyampaikan bahwa Pemkab Klungkung membiayai seluruh masyarakatnya dalam Program Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Klungkung, merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung. Baik antisipasi terhadap masalah stunting dan pengobatan maupun antisipasi terhadap penyakit lainnya.

Panitia Perayaan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Ngurah Mantra, melaporkan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-93 tahun 2021 yang jatuh pada 22 Desember 2021 dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

Baca juga:  Pintu Masuk Terminal Kebo Iwa Sering Tertutup Parkir

Adapun materi yang disampaikan pada acara Seminar ini, antara lain “Peran ibu dalam meningkatkan ketaatan terhadap protokol kesehatan, pencegahan stunting melalui penerapan protokol kesehatan dan pencegahan stunting melalui persiapan calon pengantin dan pentingnya menyusui yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni. Kemudian materi berjudul peran ibu dalam pemilahan sampah berbasis sumber yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana.

Baca juga:  Tembok Panyengker Warga Pererenan Amblas, Merajan dan Motor Tergerus

Ida Bagus Ngurah Mantra menambahkan maksud dari seminar ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat terutama kaum perempuan akan pentingnya kesehatan dan kebersihan baik di keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, Ida Bagus Ngurah Mantra melaporkan, selain mengadakan seminar di tingkat Kabupaten, pemkab Klungkung juga mengadakan acara seminar di masing-masing Kecamatan yang diikuti oleh TP PKK Desa/Kelurahan, Gerakan Tansaplas, Persembahyangan, ziarah/tabur bunga, dan dari organisasi wanita Gatriwara melaksanakan kegiatan bantuan sosial kepada anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Adv/balipost)

BAGIKAN