Suasana nonton bareng "Kadet 1947" yang digelar keluarga besar Lanud I Gusti Ngurah Rai. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Keluarga besar Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, menggelar kegiatan nonton bareng (nobar) film Kadet 1947, Selasa (30/11). Film Kadet 1947 besutan sutradara Rahabi Mandra dan Aldo Swastiya mengisahkan perjuangan kadet Angkatan Udara dalam misi serangan udara pertama Angkatan Udara ke Markas Pertahanan Belanda pada 29 Juli 1947.

Komandan Lanud (Danlanud) I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza, R.R. Sastranegara, S.Sos., M.A.P., mengatakan, film ini merupakan kisah inspiratif yang berasal dari perjuangan para pendahulu Angkatan Udara dalam mempertahankan kemerdekaan. “Seperti yang kita ketahui tadi, sudah kita saksikan bersama, banyak esensi yang memang bisa diambil yaitu jiwa heroik. Beberapa pemuda yang masih berstatus kadet penerbang, yang saat itu masih dalam status sebagai siswa tapi mampu melaksanakan operasi udara pertama yang dilaksanakan oleh angkatan udara semenjak berdirinya tahun 1946,” kata Danlanud.

Baca juga:  Tipu Belasan Orang, Pemborong Gadungan Ditangkap

Danlanud menilai, film yang berdurasi 110 menit tersebut dikemas dengan begitu baik, sehingga menggugah semangat generasi muda untuk berjuang dan berkarya bagi negara dan bangsa. “Kita bisa lihat bahwa dengan terbang dengan pesawat seadanya, peralatan yang minim, namun dapat memberikan daya kejut dengan menyerang apa yang kita kenal sebagai pengeboman 3 kota yaitu Salatiga, Ambarawa dan Semarang,” jelas Danlanud.

Danlanud berharap dengan adanya kegiatan nobar ini prajurit Lanud I Gusti Ngurah Rai dapat memupuk jiwa patriotisme yang rela berkorban jiwa dan raga demi keutuhan bangsa dan negara. Khususnya melalui TNI Angkatan Udara. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Polisi Dibantu TNI Amankan Pintu Masuk Bali di Gilimanuk
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *