Tampilan akun Twitter peretas data diduga data Polri, Kamis (18/11/2021). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Peretas asal Brasil yang menamai dirinya “son1x” dalam akun Twitternya mengaku telah berhasil membobol data pribadi anggota Polri beserta orang-orang terdekatnya keluarganya. Pembobolan data tersebut kini tengah diusut dan didalami Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri.

“Ya, sedang ditangani oleh Dittipidsiber Bareskrim. Nanti kalau sudah ada updatenya diinfokan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (18/11).

Baca juga:  Diduga Nistakan Agama, Muhammad Kece Ditangkap di Badung

Dari penelusuran, akun Twitter @son1x666 menuliskan unggahan “Polri- Indonesian National Police Hacked” 28k logins and personal information leaked”. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun mencantumkan tiga tautan yang diduga berisi salinan data pribadi anggota Polri yang telah diretas.

Jika tautan itu diklik, pengguna akan dialihkan ke tampilan website yang diduga dikelola oleh peretas yang menyajikan data, seperti nama, pangkat, tempat dan tanggal lahir, satuan kerja, status pernikahan hingga nomor register pokok serta beberapa data pribadi lainnya.

Baca juga:  Presiden Putuskan Tunda Pembentukan Densus Tipikor

Dalam unggahannya, peretas mengaku melakukan aksi tersebut dengan alasan tidak mendukung pemerintahan dalam memperlakukan rakyatnya. Peretas mengaku banyak yang menghubunginya, berbicara tentang kehidupan masyarakat di Indonesia. Maka itu, peretas melakukan aksinya. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN