Festival Rasa UMKM virtual "GoFoodieland" digelar GoFood. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – GoFood, layanan pesan-antar makanan dari Gojek menghadirkan GoFoodieland, festival rasa UMKM virtual terbesar di Indonesia. Sebanyak 30.000 mitra UMKM dilibatkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

GoFoodieland hadir di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Medan, Bali, dan Palembang. GoFoodieland merupakan bagian dari gerakan #BangkitBersama untuk mendukung mitra UMKM lokal terus tumbuh di tengah pandemi lewat peningkatan visibilitas, menjangkau pasar yang lebih luas.

Ichmeralda Rahman, Global Head Marketing GoFood mengatakan pihaknya terus mencari cara baru menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin mengandalkan layanan pesan-antar makanan online. Melalui GoFoodieland, pelanggan tidak hanya dapat mengakses puluhan ribu ragam kuliner nikmat, tapi dapat merasakan serunya menjelajah kuliner di tengah suasana festival melalui sejumlah aktivitas seru yang menghibur. “Di saat yang sama, kami juga mengajak masyarakat untuk turut mendukung bisnis mitra UMKM di masa pandemi.”

Baca juga:  Tanggap Darurat, AMB Gelar Simulasi

Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dikeluarkan Google, Temasek, dan Bain Company menyebut adanya peralihan gaya hidup konsumen, termasuk dalam layanan pesan antar makanan. Dalam laporan tersebut, pengguna yang telah menjadi konsumen sebelum pandemi menggunakan layanan digital rata-rata 3,6 lebih banyak sejak pandemi melanda.

Selain itu, laporan yang sama juga menyatakan sebanyak 72% responden menilai layanan pesan-antar makanan mempermudah aktivitas sehari-hari. Dan, 41% menyatakan penggunaan layanan pesan-antar makanan menjadi bagian dari rutinitasnya.

Beragam aktivitas dalam GoFoodieland, salah satunya kurasi merchant pilihan dalam Foodiecourt. Terdapat juga pertunjukan musik dengan bintang tamu Pamungkas dan Rendy Pandugo dalam Foodie Music, review makanan bersama chef Hamzah Ghani Arifin, Gerry Girianza, dan Genki Banget dalam Foodie Review. Ada juga makan malam virtual bersama artis idola dalam Foodie Star, hingga talk show seru seputar kuliner dalam Foodie Show bersama Dimas Beck dan Ncess Nabati.

Baca juga:  Perolehan Medali Selancar Dipastikan Merosot

Pengunjung GoFoodieland dapat menemukan lima kategori rekomendasi kuliner dari mitra UMKM. Yaitu Rekomendasi Juara, Rekomendasi Terbaru, Rekomendasi Populer, Rekomendasi Legenda, dan Rekomendasi Viral.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah turut mengapresiasi langkah dukungan yang dihadirkan GoFood untuk mitra UMKM melalui GoFoodieland. “Kreativitas di tengah keterbatasan di masa pandemi tentunya menjadi angin segar bagi konsumen untuk melakukan petualangan kulinernya. Oleh karena itu, kami harap GoFoodieland yang dikemas secara menarik dapat menjadi sarana pelepas rindu penikmat kuliner yang juga akan berdampak positif bagi para UMKM kuliner untuk bertahan dan terus tumbuh di masa penuh tantangan ini,” kata Siti Azizah.

Baca juga:  GoTo Dinilai Jadi Jembatan Penguatan Ekonomi Digital Nasional

Sementara itu, Didit Helditia, pemilik Nasi Kuning Roemah Naskoen yang merupakan salah satu mitra UMKM GoFood menyatakan festival kuliner semacam ini sudah sangat dirindukan dan ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para pelanggan dan juga para mitra UMKM. “Format yang kreatif yang dihadirkan GoFoodieland saya harap dapat membantu kami untuk menarik dan menjangkau pelanggan lebih luas lagi, dan membantu bisnis kami untuk terus berkembang di masa yang penuh tantangan ini,” jelas Didit. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *