Salak Bali. (BP/ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Setiap menjelang pelaksanaan Hari Raya besar umat Hindu Galungan dan Kuningan harga buah-buahan di pasaran mengalami kenaikan. Seperti harga buah salak. Saat ini harga buah salak mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa.

Petani salak asal Banjar Pengawan, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Ni Nyoman Rai, mengakui kalau saat ini harga salak mengalami kenaikan. Kata dia, naiknya harga salak ini lantaran menjalang Galungan dan Kuningan. “Hal seperti ini sudah biasa terjadi jelang hari raya. Karena kebutuhan salah banyak dipakai hari raya, sedangkan buah salak sedikit,” ucapnya.

Baca juga:  KONI Minta Atlet PON dan Pelatih Pahami Kondisi

Menurut Rai, sebelumnya harga salak biasa hanya Rp 10 ribu per kilogramnya, dan saat ini harganya naik menjadi Rp 14 ribu perkilogramnya. Sementara untuk salak gula juga sama mengalami kenaikan. Dari harga Rp 20 ribu perkilogramnya, kini tembus sampai Rp 25 perkilogramnya. “Situasi kemungkinan akan berlangsung sampai usai hari raya. Dan biasanya setelah itu harganya salak kembali normal,” katanya. (Eka Prananda/Balipost).

Baca juga:  Kuningan Identik dengan "Jejaitan," Ini Maknanya
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *