Suasana pelaksanaan donor darah serangkaian Hari Sumpah Pemuda. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejumlah warga berpakaian adat madya antri dengan menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (23/10) di Banjar Kaja Sesetan, Denpasar. Mereka nampak sabar menunggu giliran mendonorkan darah dalam kegiatan Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021.

Menurut Ketua Sekeha Teruna Satya Dharma Kerthi Banjar Kaja Sesetan, I Nyoman Fizal, pihaknya hanya menargetkan 50 orang peserta donor darah di wilayahnya. Namun jumlah peserta yang datang ternyata melebihi prediksi.

“Kita sebagai fasilitator sangat senang dan bangga karena antusiasme tinggi, kemungkinan targetnya di atas 50 warga, baik dari masyarakat banjar maupun masyarakat umum lainnya,” katanya, dalam rilis yang diterima.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada warga serta komunitas yang telah berkolaborasi dalam Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) khususnya di wilayah Denpasar dan sekitarnya. “Kami berharap kepada pemuda dan masyarakat agar meningkatkan rasa kepekaan serta kepedulian kepada sesama, khususnya saat pandemi ini, di mana darah sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Baca juga:  Stok Darah di PMI Tabanan Terus Menipis

Aksi simpatik donor darah ini digelar serentak di dua lokasi. Yakni di Banjar Kaja, Sesetan dan Banjar Suwung Batan Kendal, Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan.

Wakil Ketua Sekka Teruna Dharma Gargitha Banjar Suwung Batan Kendal, Sesetan, I Gede Donny Mahendra menyambut baik inisiasi Kolaborasi KITA yang menggandeng kalangan pemuda dan banjar. Tak hanya menggelar aksi kemanusiaan donor darah, juga membagikan sembako.

“Tentunya ini merupakan Kegiatan positif pada masa pandemi yang terbatas jarak, di mana setetes darah sangat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan,” tutur Donny.

Baca juga:  Ratusan Pedagang Pasar Blahbatuh akan Direlokasi

Ia menyebutkan sebanyak 50 orang yang berasal dari warga adat, warga dinas, dan ST Dharma Gargita turut ambil bagian dalam aksi sosial tersebut. “Donor darah ini penting tidak hanya untuk kesehatan kita, namun juga untuk kepedulian terhadap sesama, terima kasih ini bentuk kolaborasi yang baik saat pandemi di mana jumlah yang butuh darah tetap tinggi, kolaborasi ini solusi mengatasi kekurangan darah,” ujarnya.

Fendy Hidayat perwakilan dari Kolaborasi KITA mengatakan pihaknya terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Pada Oktober 2021, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Baca juga:  Forum Peduli Temesi Lakukan Donor Darah

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), diselenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur. (kmb/balipost)

BAGIKAN