Salah satu bangunan sekolah rusak di Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Gempabumi yang terjadi Sabtu (16/10), merusak fasilitas sekolah di Karangasem. Data yang diterima dari Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga (Disdikpora) ada puluhan bangunan sekolah yang mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga (Disdikpora) Kab. Karangasem, I Wayan Sutrisna, mengungkapkan sebanyak 38 sekolah di Karangasem mengalami kerusakan. “Kerusakan sekolah bervariatif. Genting jatuh hingga pecah, dinding bangunannya retak, serta plafon bangunan lepas terjatuh. Sekolah yang rusak ini tersebar di beberapa Kecamatan di Karangasem. Seperti Kecamatan Kubu, Rendang, dan Kecamatan Bebandem,” ucapnya belum lama ini.

Baca juga:  Rumah Rusak Berat Dilanda Gempa, Ratusan Warga Desa Ban Tinggal di Tenda Darurat

Ia menambahkan sekolah terdampak meliputi TK sampai SMP. Dengan rincian, 1 unit Taman Kanak (TK), 30 Sekolah Dasar (SD) Negeri, 7 Sekolah Menengah Pertama, dan 1 SMP Swasta.

Pihaknya telah menindaklanjuti info terkait kerusakan beberapa sekolah. Untuk kondisi bangunan sekokah yang terdampak dan mengalami kerusakan sedang serta berat dimohonkan penangganan melalui APBD, BKK, DID, serta DAK.

Sedangkan untuk sekolah yang mengalami rusak ringan dan hanya ganti komponen yang jatuh, seperti genting serta plafon, bisa mengunakan anggaran BOS. “Untuk sementara bangunan gedung yang terdampak rusak berat dan tak layak kembali digunakan, sementara tak digunakan untuk proses belajar mengajar maupun aktivitas sekolah lainnya. Kalau yang retak, tetap bisa dipakai untuk proses belajar mengajar,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Ini, Jadwal Kedatangan Jenazah Brigjen TNI IGP Danny di Cijantung
BAGIKAN