Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengecek bantuan yang akan disalurkan ke korban gempa bumi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bantuan ke korban gempa terpusat di Karangasem dan berdampak ke wilayah Bangli terus mengalir. Pada Rabu (20/10), Kodam IX/Udayana mendistribusikan bantuan dari Satgas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bantuan tersebut berupa bahan pokok, sandang, peralatan dan kebutuhan dasar sehari-hari itu diterima Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., di Gedung Benoa Cruise Terminal, Pelabuhan Benoa, Denpasar. Selanjutnya langsung disalurkan oleh kodim jajaran Korem 163/Wira Satya.

Baca juga:  SDN 1 Loloan Timur Rusak Parah

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Maruli menyampaikan, mesti ada pola tepat dalam menanggulangi bencana alam tersebut, khususnya dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban terdampak bencana alam, sehingga bisa lebih baik dengan tepat guna dan tepat sasaran.
“Bantuan dari BUMN ini sangat membantu sekali, bersinergi dan komunikasi telah kita lakukan terus-menurus. Sehingga dalam penanganan dalam memberikan bantuan bencana dapat tersalurkan dan sampai kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Baca juga:  367 Siswa Tamatkan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD

Kolaborasi ini, kata Mayjen Maruli, mampu membuat suatu konsep penanganan bencana yang lebih bagus ke depannya. Bukan hanya bantuan berupa makanan, tapi juga bangunan termasuk fasilitas umum, tempat ibadah dan lain sebagainya yang perlu diperhatikan juga. “Selama ini kami telah mengerjakan penanganan dan pola penyalurannya terus diperbaiki, agar tidak terjadi penumpukan bantuan,” tegas Maruli. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *