Pembangunan pompa hidram diresmikan penggunaannya pada Rabu (20/10) dengan dihadiri Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Warga Banjar Cacab, Desa Biaung, Kecamatan Penebel kini bisa bernafas lega. Sebab, persoalan air bersih untuk kebutuhan air minum ratusan warganya terjawab melalui program Pompa Hidram dari Kodam IX/Udayana.

Untuk di Tabanan, program dari Kodam IX/Udayana ini sudah terlaksana di 4 titik lokasi. Kendala kekurangan air bersih pada masyarakat menempatkan Banjar Cacab sebagai lokasi prioritas pembangunan hidram, program dari Kodam IX/Udayana.

Baca juga:  Kemarau Panjang, Warga Dari Tiga Dusun Kesulitan Air Bersih

Selaku fasilitator, TNI dalam hal ini Kodim 1619/Tabanan berkolaborasi dengan masyarakat melakukan pengembangan fasilitas ini selama 1,5 bulan. Dengan telah rampungnya pengerjaan pompa Hidram, Rabu (20/10) dilakukan peresmian yang dihadiri Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya.

Dengan telah rampungnya pompa air ini diharapkan mampu memberikan manfaat menutupi kekurangan air bersih dan kebutuhan air minum bagi 470 warga di banjar Cacab Biaung. “Ini merupakan terobosan dalam mewujudkan harapan dan keinginan, tentang membangun masyarakat Bali, khususnya Tabanan,” ujar Sanjaya.

Baca juga:  Pintu Masuk di Gilimanuk Kebobolan, Anak Asal Jatim Sebut Ini Triknya

Program yang mulanya dilaksanakan oleh Pangdam, dan direalisasikan secara gotong royong tersebut, dikatakannya telah menuai antusiasme tinggi dalam masyarakat. “Tabanan memang banyak air, tapi sumber airnya di bawah, sementara masyarakat tinggalnya di atas, jadi sedikit kesulitan untuk mendapatkan air,” lanjutnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *