Bade Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Upacara palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung di Sanur akan dilaksanakan Jumat (8/10) siang ini. Sejumlah persiapan sudah mulai terlihat di depan griya di Jalan Hang Tuah serta di Pantai Matahari Terbit.

Para krama Sanur sudah mulai berdatangan ke lokasi upacara. Namun, pihak keluarga membatasi krama yang ikut karena dalam kondisi COVID-19 sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes).

Baca juga:  Dari Sekeluarga Jadi Korban KMP Yunicee hingga Korban Tewas Bertambah

Putra kedua almarhum, yakni Ida Bagus Gede Agung Sidharta Putra mengungkapkan pihaknya mengurangi  atau meminimalisir peserta. “Mungkin hanya 300-an orang yang dilibatkan dan itupun dipecah,” katanya.

Prosesi pada hari ini dimulai dengan ngunggahan layon ke pamereman (menaikkan jenazah ke bade). Selanjutnya, iring-iringan berangkat menuju patunon (tempat pembakaran) yang berada di kawasan Pantai Matahari Terbit.

“Berangkat ke patunon setelah pukul 12.00 siang. Kami mohon kepada masyarakat untuk bisa mencari jalan alternatif. Mungkin butuh waktu 30 sampai 40 menit, setelah itu kendaraan akan normal kembali,” katanya. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Terungkap! Kronologi Penganiayaan Berujung Tewasnya Sri Widayu
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *