Kontes anjing Kintamani yang digelar Pemkab Bangli beberapa tahun lalu. (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST. com – Kontes anjing kintamani rencananya akan kembali digelar di Bangli. Kontes diadakan dalam rangka membangkitkan gairah para pecinta anjing kintamani.

“Kalau situasi baik, rencana diadakan 17 Oktober mendatang,” ungkap Kabid Keswan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli drh. Sri Rahayu, Kamis (23/9).

Kontes akan mengambil tempat di depan monumen Pahlawan Kapten Mudita. Lokasi itu dipilih lantaran lapangan Kapten Mudita yang biasa dipakai tempat menggelar kontes masih ada proyek penataan.

Baca juga:  Ini Sikap Pemkab Tabanan Jika Tak Serap 30 Persen Produk BUMDA

Kata Sri Rahayu, dalam kontes nanti pihaknya akan mengundang peserta dari masyarakat umum di Bangli maupun luar kabupaten. Termasuk peternak anjing kintamani di Sukawana.

Mengingat situasi masih pandemi covid seperti sekarang, pelaksanaan kontes tentunya akan menerapkan protokol kesehatan. Akan dilakukan pengaturan terhadap peserta maupun penonton untuk menghindari kerumunan. “Mungkin tidak seperti dulu, di arena bermain nanti yang masuk akan diatur. Berapa peserta yang masuk ke arena akan dibatasi. Bagi peserta yang belum dipanggil diarahkan menunggu di mobil,” ujarnya.

Baca juga:  Pasang Bendera, Pemuda Kesetrum Listrik

Dalam melakukan pengaturan pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian dan Satpol pp.

Diakuinya, Pemkab Bangli sudah lama tak menggelar kontes anjing Kintamani. Terakhir kontes diadakan 2017 lalu. Keterbatasan anggaran menjadi kendala kontes tidak bisa digelar beberapa tahun terakhir. “Iya karena anggaran dipakai skala prioritas,” imbuhnya.

Sebagaimana yang diketahui anjing Kintamani telah diakui sebagai anjing ras dunia oleh Federation Cynologique International (FCI). Anjing Kintamani banyak dikembangbiakan masyarakat di Desa Sukawana. (Dayu Rina/Balipost)

Baca juga:  Parade Anjing Kintamani akan Meriahkan Kintamani Chinese Festival 2020
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *