(BP/Dokumen Samsung)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pembelian secara online memudahkan kita ketika melakukan pembelian smartphone. Apalagi hampir semua varian produk smartphone tersedia secara online, seperti produk Samsung terbaru yang hampir semua varian tersedia.

Namun, anda perlu teliti jangan sampai salah memilih ponsel. Kata salah yang dimaksud disini adalah salah memilih spesifikasi yang dibutuhkan untuk aktivitas harian anda menggunakan ponsel tersebut.

Alih-alih anda mencari smartphone untuk kebutuhan kuliah online, tapi malah mendapatkan ponsel yang spesifikasi rendah yang hanya bisa digunakan chatting medsos saja. Pada umumnya yang menjadi salah satu kesalahan klasik pembeli adalah membeli smartphone yang spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan, mereka biasanya tergoda dengan harga yang sangat murah. Tidak salah dengan harga murah tapi perhatikan spesifikasinya.

Nah, agar tidak mengalami hal seperti itu, anda wajib membaca artikel ini sampai selesai. Karena akan dibahas mengenai tips memilih smartphone untuk berbagai keperluan termasuk untuk kuliah online.

1. Kenali Setiap Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Seri

Produsen ponsel pintar selalu konsisten merilis produk terbaru setiap tahunnya. Bisa sampai 2-3 model atau bahkan lebih.

Memang dengan adanya pilihan model maupun varian ponsel ini tentunya akan memberikan banyak pilihan untuk anda dalam memilih model mana yang sesuai dengan kebutuhan. Namun Anda tetap harus jeli agar tidak salah beli.

Baca juga:  Konsumsi Mikol di Bali

Anda harus tahu kelebihan dan juga kekurangan dari seri ponsel yang dikeluarkan oleh suatu brand ponsel tersebut. Setelah anda mengenal kelebihan dan juga kekurangan masing-masing seri maka sekarang sudah saatnya anda membandingkan harga dan pilih yang termurah namun mendukung aktivitas anda atau jika anda memiliki budget lebih, bisa menambah sedikit uang untuk membayar kualitas yang ditawarkan.

2. Lihat Terlebih Dulu Chipset yang Digunakan

Setiap seri ponsel dari brand incaran anda biasanya akan melengkapi ponselnya dengan chipset yang berbeda sesuai dengan fungsi HP tersebut untuk apa, apakah untuk penggunaan normal atau untuk penggunaan berat seperti bermain game.

Terkadang beberapa brand seperti samsung misalnya melengkapi produk ponselnya dengan chipset dari Exynos yang merupakan chipset yang dibuat sendiri oleh Samsung atau kadang juga menggunakan Qualcomm dari Snapdragon, MediaTek juga kadang di pasang di brand yang satu ini.

Chipset ini sangat penting untuk anda pastikan terlebih dahulu ketika anda akan membeli ponsel. Tidak hanya chipset saja, anda juga harus memperhatikan kapasitas memori internal maupun RAM yang digunakan.

3. Cek Spesifikasi Layar yang Digunakan

Ini penting untuk mendapatkan pengalaman kuliah online yang maksimal, Sekalipun anda membeli seri lama tetap spesifikasi layar adalah hal penting. Anda harus memilih ponsel yang menggunakan layar Super AMOLED, seperti yang digunakan brand samsung hampir semua produk mereka dilengkapi layar Super AMOLED.

Baca juga:  BPD Bali Cabang Negara Implementasi GNNT untuk Pemerintahan Desa se-Jembrana

Layar dengan spesifikasi tersebut dapat memberikan anda pengalaman visual yang lebih jernih dengan warna yang lebih tajam. Tidak hanya tentang jenis layar saja yang perlu anda perhatikan, tapi anda harus memperhatikan resolusinya juga, minimal memiliki resolusi 1080p agar anda lebih leluasa menatap layar smartphone.

4. Update Android dan Menggunakan Antarmuka Versi Terbaru

Biasanya untuk ponsel kelas menengah ke bawah akan mendapatkan update versi android terbaru sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan pihak brand. Tidak hanya sistem operasi android saja, bagian antarmuka juga akan ada update berkala yang dikeluarkan secara resmi oleh brand ponsel anda.

Hal ini penting untuk anda perhatikan, karena bisa lebih maksimal dalam menikmati fitur terbaru yang telah disediakan. Tidak hanya memberikan kenyamanan, dengan anda rajin mengupdate sistem operasi android. Tentu akan meningkatkan keamanan ponsel tersebut.

5. Lebih Baik Beli Baru atau Beli Bekas?

Sebenarnya membeli bekas tidak masalah, hanya saja anda harus teliti dalam membeli bekas. Jangan sampai anda malah membeli ponsel yang banyak minusnya, misal baterainya dan lain sebagainya.

Baca juga:  Beat Jadi Salah Satu Motor Primadona di Indonesia, Ini 7 Alasannya

Memang jika tidak ingin menghadapi risiko seperti itu lebih baik membeli ponsel pintar yang baru. Ibaratnya jika yang baru anda adalah pemakai pertama.

Jika memang uang yang anda miliki masih belum cukup untuk membeli ponsel, maka disarankan anda untuk sedikit lebih bersabar.

Sambil tetap menabung untuk membeli ponsel baru, gunakan ponsel yang sekarang untuk melakukan beragam kegiatan produktif. Akan tetapi, jika mendesak untuk segera membeli ponsel, produk bekas bisa jadi alternatif.

Misalnya saja anda menginginkan ponsel baru seri Galaxy versi J, sebaiknya anda membeli ponsel yang lebih tinggi spesifikasinya dari seri J. Mungkin bisa Samsung Galaxy Seri A yang bekas tapi masih bagus dan mulus, harganya juga lebih mendekati harga baru Samsung Galaxy J.

Nah itu, beberapa tips yang bisa diterapkan ketika membeli ponsel untuk kebutuhan kuliah online. Mudah-mudahan artikel ini bisa jadi solusi ketika kebingungan akan membeli ponsel apa dan yang seperti apa.

Anda bisa juga mencari ponsel untuk kuliah lewat situs Blibli karena semua brand ada di situ dan harganya beragam. Jika sudah ketemu yang cocok, bisa langsung checkout dan tunggu paketnya datang ke rumah. Praktis dan juga aman.

Semoga info ini bermanfaat ya! (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *