Arsip - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern saat berbicara di Istana di Singapura, Jumat (17/5). (BP/Ant)

WELLINGTON, BALIPOST.com – Penguncian ketat secara nasional yang diberlakukan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern untuk membasmi COVID-19. Selain itu, membantu membatasi penyebaran varian Delta yang sangat menular, bahkan ketika jumlah kasus baru meningkat pada Kamis (26/8).

Selandia Baru melaporkan 68 kasus baru pada Kamis sehingga jumlah total orang yang terinfeksi dalam wabah terbaru menjadi 277. Dari total kasus, 263 kasus berada di Auckland dan 14 kasus di ibu kota Wellington.

Baca juga:  Dukung Penanganan COVID-19, Ratusan Hotel Beri Harga Dasar untuk Isolasi ODP dan Tim Medis

Selandia Baru berpenduduk 5 juta berada di bawah perintah tinggal di rumah, dengan sekolah dan sebagian besar tempat kerja ditutup hingga setidaknya akhir bulan. “Penguncian berdampak tetapi varian Delta sangat rumit,” kata Ardern, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (26/8).

Selandia Baru sebagian besar telah bebas dari virus sejak tahun lalu, kecuali sejumlah kecil kasus pada Februari, tetapi itu berubah minggu lalu setelah wabah varian Delta meletus di Auckland, mendorong Ardern untuk memerintahkan lockdown.

Baca juga:  Sebanyak 76 Persen Kasus Baru Disumbangkan 3 Zona Merah

Strategi Ardern untuk menghilangkan virus menggunakan kontrol perbatasan yang ketat dan penguncian cepat mendapat dukungan luas di Selandia Baru, tetapi pemerintahnya telah menghadapi kritik atas kemajuan vaksinasinya.

Eliminasi akan terus menjadi strategi Selandia Baru sampai mayoritas penduduknya divaksinasi, kata Ardern.

“Tidak ada yang ingin menggunakan penguncian selamanya, itu bukan niat kami. Tapi sementara kami memvaksinasi, eliminasi adalah tujuannya.” katanya.

Sekitar 80 persen dari populasi belum sepenuhnya divaksinasi. Pemerintah mengatakan 3 juta dosis telah diberikan sejauh ini dan rekor 87.000 orang divaksinasi dalam 24 jam terakhir. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Kuliner Indonesia Siap Goyang Lidah Australia di Spring Festival 2017 Araluen

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *