Tangkapan layar peta zona risiko penyebaran COVID-19 di Indonesia. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Selasa (17/8), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Bali Semakin Merah, Zona Orange Cuma Sisa Dua!

DENPASAR, BALIPOST.com – Di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang dilakukan Bali, penanganan COVID-19 menunjukkan arah memburuk. Dari evaluasi mingguan per 15 Agustus 2021 yang dilansir Satgas Penanganan COVID-19 Nasional, Selasa (17/8), Bali mengalami penambahan zona merah.

Zona risiko tinggi penyebaran COVID-19 di Bali kini berjumlah 7 kabupaten/kota. Cuma ada sisa dua kabupaten yang betah bertahan di zona orange atau risiko sedang penyebaran COVID-19.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Warga Bali Meninggal Terjangkit COVID-19 Bertambah, Mayoritas Berkomorbid

2. Tak Hadiri Upacara Peringatan HUT RI, Beredar Isu Bupati Badung dan Keluarga Positif COVID-19

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta dikabarkan positif COVID-19. Isu ini beredar lantaran beberapa hari terakhir orang nomor satu di Kabupaten Badung ini tak hadir dalam setiap kegiatan.

Saat Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI, Selasa (17/8), Bupati Giri Prasta diwakilkan oleh Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa. Selain Bupati Badung, istrinya, Nyoman Seniasih Giri Prasta beserta putri ketiga juga dikabarkan terjangkit COVID-19. Bahkan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupten Badung dikabarkan dirawat di RSD Mangusada.

Selengkapnya baca di sini

3. Naik Lagi, Tambahan Kasus COVID-19 Balik ke Puluhan Ribu

DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus COVID-19 baru yang dicatatkan nasional pada Selasa (17/8), mengalami kenaikan kembali. Padahal, sehari sebelumnya tambahan kasus sudah mencapai belasan ribu orang per harinya.

Baca juga:  Empat Hari Berturut-turut, Bali Laporkan Adanya Ibu Hamil Jadi Korban Jiwa COVID-19

Hari ini, terjadi kembali kenaikan puluhan ribu orang terpapar COVID-19. Kabar baiknya, jumlah pasien sembuh masih bertambah cukup tinggi. Jumlahnya mencapai kisaran 32 ribuan orang.

Selengkapnya baca di sini

4. Pria Kelahiran Bali Jadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

DENPASAR, BALIPOST.com – Putra kelahiran Bali didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8). Ia adalah Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S.

Dalam rilis Sekretariat Presiden, disebutkan Sucahyadi merupakan kelahiran Denpasar pada 9 Oktober 1977. Ia lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999.

Baca juga:  Warga di Bali Terpapar COVID-19 Tambah Hampir 1.800 Orang, Puluhan Korban Jiwa Dicatatkan

Selengkapnya baca di sini

5. Target Tes COVID-19 Bali Dinaikkan, Kabupaten Ini Melonjak Jadi Seribuan Orang Per Hari

DENPASAR, BALIPOST.com – Penguatan 3T (testing, tracing, treatment) COVID-19 perlu terus diterapkan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Di Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 34 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 hingga 2 di Jawa dan Bali diingatkan agar testing perlu ditingkatkan sesuai dengan tingkat positivity rate mingguan.

Dengan ketentuan positivity rate mingguan sama dengan jumlah tes (per 1000 penduduk per minggu), yaitu <5% sebanyak 1 orang, >5%-<15% sebanyak 5 orang, >15%-<25% mencapai 10 orang, dan >25% mencapai 15 orang. Testing perlu terus ditingkatkan dengan target positivity rate <10%.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *