Peta zona risiko penyebaran COVID-19 di Indonesia. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com –┬áPada Kamis (29/7), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Bali Mayoritas Masih Zona Merah, Kabupaten Ini Geser ke Risiko Tinggi COVID-19

DENPASAR, BALIPOST.com – Peta penyebaran COVID-19 di Bali masih mayoritas zona merah atau risiko tinggi. Dari evaluasi mingguan per 25 Juli yang dilansir Satgas Penanganan COVID-19 Nasional, dipantau Kamis (29/7), terdapat 5 zona merah dan 4 orange di Bali.

Namun, ada pertukaran posisi zona di dua kabupaten. Jembrana yang sebelumnya selama 2 minggu masuk zona merah, pada pekan ini berhasil pindah ke zona orange. Sebaliknya, Klungkung yang sudah berbulan-bulan ada di zona orange, dari evaluasi mingguan, pindah ke merah.

Baca juga:  Libur Lebaran, Objek Wisata Dipadati Ranmor Luar Bali

Selengkapnya baca di sini

2. 30 Provinsi Sudah Capai Standar Testing WHO, Bali Masuk Lima Besar

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 30 provinsi di Indonesia telah mencapai standar testing Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di akhir masa PPKM Darurat per 25 Juli. Standar testing WHO memiliki tolok ukur minimal satu per seribu penduduk.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, hal ini meningkat dari sebelumnya. “Pada 25 Juli meningkat 30 dari 34 provinsi yang mencapai standar testing,” ujar Nadia dalam konferensi pers perkembangan PPKM secara daring di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/7).

Selengkapnya baca di sini

3. Puluhan Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Bali

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pada Kamis (29/7), vaksin asal Amerika Serikat, Moderna ini, mulai didistribusikan pemerintah pusat untuk Bali. Sebanyak total 28.900 dosis vaksin untuk kebutuhan vaksinasi dosis ketiga bagi Nakes sudah tiba.

Baca juga:  Gianyar Catatkan Kasus Baru Positif COVID-19 Setelah Sepekan Nihil, 3 Diantaranya Sempat Pelatihan di Sukabumi

Dengan kedatangan ini, vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (Nakes) segera dimulai. Seperti diketahui, vaksinasi dosis ketiga untuk nakes diberikan untuk menambah proteksi tenaga medis dari paparan COVID-19 dengan menggunakan vaksin Moderna.

Selengkapnya baca di sini

4. Capai 74 Persen, Dominasi Tambahan Kasus di 4 Zona Merah

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 1.119 warga dilaporkan tertular COVID-19 pada Kamis (29/7). Empat zona merah masih mendominasi dengan masing-masing melaporkan tambahan hingga 3 digit.

Tambahan kasus terdiri dari 942 transmisi lokal, 170 pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), dan 7 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Dilihat dari data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, untuk kumulatifnya, warga terinfeksi COVID-19 di Bali sudah mencapai 73.674 orang. Rinciannya 65.709 transmisi lokal, 7.424 PPDN, dan 541 PPLN.

Baca juga:  Delegasi IMF-WB Kunjungi Museum Soenda Ketjil

Selengkapnya baca di sini

5. Cuma Perlu Dua Ini, Syarat PPDN via Bandara Ngurah Rai Disederhanakan

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dokumen syarat Pelaku Perjalalanan Dalam Negeri (PPDN) yang menggunakan transportasi udara via Bandara Ngurah Rai kembali disesuaikan. Kali ini lebih disederhanakan.

Hal ini termuat dalam Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 16 Tahun 2021. Para calon penumpang yang datang dan pergi lewat Bandara Ngurah Rai tidak lagi perlu mengantongi Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) ataupun surat keterangan (suket), seperti yang sebelumnya disyaratkan melalui SE Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 15 Tahun 2021.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *