Sekda Kabupaten Gianyar, Kapolres Gianyar, Dandim 1616 Gianyar memonitor penyiapan Gedung BPK di Desa Pering sebagai tempat karantina mandiri terpusat di Kabupaten Gianyar. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Gedung milik Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) di Desa Pering menjadi tempat karantina mandiri terpusat di Kabupaten Gianyar. Sekda Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Dandim 1616 Gianyar Letkol Inf. Hendra Cipta, meninjau lokasi, Jumat (23/7).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. Ida Komang Upeksa mengatakan, untuk karantina terpusat disiapkan Pemkab Gianyar di Gedung Diklat BPK berlokasi di Desa Pering. “Penyiapan tempat isolasi terpusat ini sudah disetujui Bupati Gianyar,” ucapnya.

Baca juga:  Perberat Hukuman Pelaku Pelecehan Tempat Suci

Penyiapan tempat karantina terpusat ini akan difasilitasi pemerintah daerah. Semua kebutuhan tempat karantina mandiri tersebut akan disediakan OPD terkait mengikuti arahan Bupati Gianyar. Untuk tahap awal, di Gedung milik BPK akan disediakan 44 tempat tidur. Ini akan menyasar pasien covid yang bergejala ringan di tempat isolasi mandiri. ” Semua OTG di Gianyar akan ditampung terpusat di Gedung BPK,” ucap dr. Komang Upeksa.

Baca juga:  Kemenkumham Bali Buka Konsultasi Hukum Gratis Bagi Terdampak Covid-19

Isolasi mandiri (isoman) tidak boleh lagi dilaksanakan di rumah masing-masing. Sesuai intruksi menteri dan arahan Gubernur Bali, karantina mandiri terpusat guna mempercepat penanganan dan menekan perkembangan kasus covid.

Upeksa meyakinkan ketika fasilitas sudah lengkap semua OTG di Gianyar akan diarahkan mendapatkan perawatan di tempat karantina terpusat. Karantina mandiri perpusat merupakan kebutuhan segera, menyikapi kasus covid yang terus meningkat. Terkait kebutuhan tempat karantina mandiri, Upeksa menyampaikan idealnya mengikuti perkembangan kondisi di lapangan. “Jika kasus covid berkembang maka tempat tidur untuk isoman akan ditambah,” ucapnya.

Baca juga:  Deklarasi Incumbent Tunggu Dukungan Rekomendasi Partai Lain

dr. Ida Komang Upeksa menambahkan selain memanfaatkan tempat karantina mandiri di Gedung BPK Pering, Pemerintah Provinsi Bali juga sudah menyiapkan tempat karantina mandiri di Hotel Vasini Tohpati. “OTG di Gianyar ini akan ditampung di dua tempat di Gedung BPK Pering dan Hotel Vasini,” jelasnya. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *