Kolonel Ckm dr I Made Mardika. (BP/edi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk penanganan pasien COVID-19, Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Udayana terus melakukan antisipasi. Terutama terkait ketersediaan bed atau tempat tidur untuk pasien di ruang Isolasi.

Pasalnya, dari data yang dirilis Satgas Penanganan COVID-19 Bali, untuk RS TK II Udayana ini, Bed Occupancy Rate (BOR) ruang isolasi sudah mencapai 100 persen alias penuh. Yaitu dari 32 bed sudah terisi seluruhnya. Sedangkan ICU dari 3 bed, terisi 1 bed sehingga persentasenya mencapai 33,33 persen per Kamis (8/7/2021).

Baca juga:  Puri Satria Kawan Gelar Lukat Gni

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kakesdam IX/ Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika, mengatakan jumlah bed sudah ditambah. Hal ini untuk mengantisipasi penambahan pasien.

Tambahan sebanyak 14 bed dari jumlah sebelumnya sebanyak 32 bed. “Saat ini sudah dikonversi, nambah untuk bed di ruang isolasi menjadi total 46 bed dari sebelumnya 32, ditambah tambah 14 bed,” kata Kakesdam, Jumat (9/7).

Lebih lanjut dikatakan, untuk saat ini, tingkat keterisian bed di ruang isolasi sebanyak 42 orang. Dengan jumlah itu, total BOR juga masih relatif tinggi, sebesar 92 persen.

Baca juga:  Bantu Pembelajaran Siswa, Banjar Petangan Gede Ubung Kaja Siapkan Wifi Gratis

Sementara, untuk ruang ICU dengan kapasitas 3, keterisian sebanyak 1 pasien. “BOR ruang isolasi sebesar 92 persen,” bebernya.

Untuk ketersediaan oksigen lanjut dr Mardika, sampai saat ini masih mencukupi. Dari data yang dimiliki, persediaan atau stok oksigen dengan tabung 1 m3 ada sebanyak 14 Tabung atau setara 14.000 liter. Sedangkan untuk tabung kapasitas 6 m3 sebanyak 134 Tabung atau setara 804.000 liter.

Sementara, untuk pemakaian oksigen tabung kapasitas 1 m3 sebanyak 1 Tabung atau setara 1000. Sedangkan pemakaian oksigen tabung kapasitas 6 m3 sebanyak 20 Tabung atau setara 120.000 liter. “Untuk oksigen mencukupi” tegasnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Tingkat Kesembuhan COVID-19 di Bali Hampir Capai 87 Persen
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *