Kapolres Klungkung (kanan) saat ditemui di Kapolres Klungkung. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Tren penurunan penyebaran COVID-19, ditandai dengan berkurangnya jumlah pasien. Selain itu sebagian besar desa-desa di Klungkung sudah zona hijau. Sehingga dua kecamatan, yakni Dawan dan Nusa Penida sudah zona hijau. Guna mencegah masyarakat sekitarnya terpapar lagi, pihak kepolisian menegaskan siap berupaya mengamankan zona hijau untuk mempertahankan situasi yang sudah kondusif ini. Terutama Nusa Penida sebagai destinasi pariwisata unggulan di Bali, agar Klungkung segera bisa bangkit jelang dibukanya pariwisata Bali.

Ketatnya upaya penekanan kasus COVID-19 di Klungkung, dari Tim Satgas Penanganan COVID-19, saat ini juga dibantu pihak kepolisian. Ini sangat berdampak positif, terutama dalam mencegah segala bentuk kerumunan. Sesuai dengan data Satgas, dua kecamatan yakni Dawan dan Nusa Penida sudah masuk zona hijau. Namun yang paling menjadi perhatian adalah Pulau Nusa Penida yang sudah hampir dua bulan terakhir tidak ada lagi kasus COVID-19. Ini karena kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik.

Baca juga:  Presiden Harapkan Target Vaksinasi Bisa 5 Juta Dosis Per Hari

Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, Jumat (18/6) meminta masyarakat agar jangan lengah. Tetap terapkan 5 M dengan sangat disiplin. Sosialisasi terkait edukasi masyarakat jangan sampai terputus. Tetap terapkan 3 T, yakni Testing, Tracing sama Treatment. “Kami siap mengawal kebijakan bapak presiden yang telah mencanangkan satu hari, 1 juta vaksinasi kepada masyarakat. Kawal vaksinasi ini dari desa sampai ke banjar-banjar. Kami monitoring terus proses vaksinasi dari dinas kesehatan ini. Agar semua sasaran tervaksin. Baik vaksinasi pertama maupun kedua,” tegas Dhanuardana.

Baca juga:  Yakinkan Pasar India Soal Tatanan Era Baru Pariwisata, Ini Kata Wagub Cok Ace

Pihaknya memastikan dalam fase ini, tidak boleh ada kegiatan yang mengundang keramaian. Apabila pengusaha tetap menjalankan usahanya, ia mewanti-wanti tolong tetap pedomani prokes. Menurutnya, Petugas Polres Klungkung tetap siap bertugas menjaga stabilitas keamanan, sesuai dengan prokes yang sudah dicanangkan pemerintah.

Pihak kepolisian bahkan tetap melakukan pembagian masker, khususnya kepada masyarakat Nusa Penida. Melalui Jajaran Polsek Nusa Penida, bagi-bagi ratusan masker secara gratis diberikan kepada warga masyarakat yang bertempat Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida, Jumat (18/6). Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolsek Nusa Penida I Gede Sukadana bersama dengan seluruh personilnya, ditujukan kepada para pedagang dan warga masyarakat yang beraktivitas di sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh.

Baca juga:  Satgas Intensifkan Jemput Pasien Isoman

Salah satu tokoh pariwisata Nusa Penida I Ketut Gunaksa berharap pemerintah segera memberikan kesempatan agar wisatawan bisa berlibur ke pulau Nusa Penida dengan berbagai keindahan alamnya ini. Terlebih ke Pulau Lembongan yang saat ini masyarakatnya sudah tervaksinasi seratus persen. Hal ini sangat diharapkan masyarakat karena saat ini masyarakat Nusa Penida tidak ada pekerjaan lain lagi selain pariwisata. Namun ada juga yang beralih menjadi petani rumput laut dan menjadi nelayan sebagaimana yang dilaksanakan sebelum pariwisata menggeliat.

“Agar pariwisata Nusa Penida segera dibuka, memberikan keleluasan wisatawan domestik untuk datang ke Nusa Penida, namun tetap dengan memperketat prokes. Selama pandemi ini, masyarakat sudah menjerit dan tidak berdaya sama sekali,” ujarnya. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *