100 Hari - Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna menyampaikan capaian kerja 100 hari Sabtu (5/6) malam. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna membeberkan capaian berbagai program selama masa 100 Hari Kerja Kepemimpinan Tamba-Ipat. Menurutnya, kurun waktu 100 hari digunakan membangun pondasi kokoh untuk mewujudkan mimpi besar dalam visi yang diutarakan pada saat kampanyenya, mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana dengan misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

Selanjutnya, bangunan akhir dari visi misi itu adalah terwujudnya masyarakat jembrana yang maju dan bahagia, diimplementasikan lewat sejumlah terobosan dan beragam kemudahan.

Dijelaskannya, 100 hari kepemimpinan Tamba – Ipat telah meluncurkan inovasi program yang memiliki konsep pelayanan untuk masyarakat. Seluruhnya ditujukan untuk memudahkan akses masyarakat serta mendekatkan pelayanan. Mulai dari aplikasi kedaruratan JES (Jembrana Emergency Service), program JKJ Plus serta inovasi layanan Dokter Sayang (dokumen terlengkap saat bayi pulang ), yang memberikan kemudahan pengurusan dokumen bagi pasien pasca melahirkan di RSU Negara .

“Berbagai terobosan itu wujud komitmen kerja kita kepada masyarakat. Hal itu untuk memberikan kemudahan akses serta mendekatkan pelayanan kepada mereka, ” kata Tamba dalam paparannya menandai 100 hari kerja kepemimpinan di Stage Pura Jagatnatha sabtu malam ( 5/6/2021).

Lebih lanjut, Bupati Jembrana menjelaskan beberapa jalinan kerjasama (MOU ) telah dibangun dengan berbagai pihak. Ia menyadari, PAD Jembrana salah satu terkecil di Bali. Karena itu, investasi yang masuk itu diharapkan menumbuhkan ekonomi sekaligus membantu menggenjot PAD yang masuk.

Baca juga:  Presiden Jokowi Bertemu Ketua Majelis Nasional Korea, Bahas Industri Mobil Listrik

Ia mengatakan, promosi potensi investasi kepada investor telah dilaksanakan. Demikian pula jalinan komunikasi dan penyampaian usulan bantuan kepada pemerintah pusat. “Jadi ketika kita bekerja mesti melihat dulu fakta sesungguhnya. Kita punya uang atau tidak. Kalau tidak punya uang tidak mungkin kita bisa kerja. Kemudian sisi birokrasi, keduanya sebagai ekosistem pemerintahan. Saya melihat potensi Jembrana ini bagus.Tinggal bagaimana menggalinya agar jadi pemasukan,” papar Tamba.

Sebagai contoh Tamba menyebut perda perda yang yang lama perlu diperbaiki untuk menambah PAD. Contohnya perda penyewaan aset nilainya sangat murah, menara (tower) banyak sekali di Jembrana serta tambak juga banyak tapi kecil sekali pendapatannya. “Kita ingin menambah PAD tapi di satu sisi kita tidak punya aturan agar ada pemasukan/ retribusi. Ini yang ingin cepat kita selesaikan,” tandasnya.

Disektor pertanian, Tamba menyebut kakao Jembrana sangat potensial sebagai produk hasil pertanian Jembrana yang sudah mendunia. Hanya saja saat ini masih parsial diantara para UMKM. Belum merupakan satu kesatuan kakao produk Kabupaten Jembrana. “Formulanya akan kita cari, sehingga ada kontribusi lebih untuk daerah. Sehingga ketika ada perdagangan nasional maupun eksport, ada retribusi masuk,” jelasnya.

Baca juga:  Hari Pertama Bertugas, Ini Jadwal Kapolda Irjen Narendra

Sebagai bahan evaluasinya, ia menyadari potensi pariwisata di Jembrana sangat kecil. Justru sektor perikanan yang menjadi unggulan di Jembrana. “Selama 100 hari ini kita sudah banyak mendekatkan diri dengan para investor, serta menjalin kedekatan pula dengan pemerintah dari provinsi hingga ke pusat. Astungkara, hingga sampai hari ini kita sudah banyak melakukan MOU dengan perusahaan besar yang hasilnya nanti akan mampu meningkatkan PAD Jembrana,“ beber Bupati asal Desa Kaliakah ini .

Selain capaian, Bupati Tamba juga memaparkan berbagai mimpi besarnya hendak dilaksanakan untuk membangun Jembrana ke depan. Mulai dari pembangunan sirkuit all in one di Desa Pengambengan, wisata spiritual di Tibu Kleneng Perancak , pembangunan krematorium, pembangunan gedung perpustakaan yang baru, penataan sungai ijogading hingga membangun rumah tenun sebagai sentra tenun di Jembrana.

Termasuk pula merampungkan investasi perusahaan perikanan di Perancak. “Jika ini terwujud, hasilnya 3-4 tahun ke depan akan kelihatan. Jadi mohon doa restunya, karena dengan ini akan mampu membuka 2000-3000 lapangan kerja, serta ekonomi Jembrana bisa bergerak dan bangkit,“ paparnya .

Guna merealisasikan berbagai program itu Bupati Tamba menyebut dukungan dari seluruh OPD diperlukan. Apresiasi juga diberikannya kepada masyarakat Jembrana, atas perjuangan bersama dirinya bersama Patriana Krisna dapat memimpin untuk mengawal perubahan di Bumi Makepung.

Baca juga:  Sosialisasikan Kebijakan Secara Jelas dan Tuntas

“Saya berterimakasih atas dukungan tersebut. Kepada OPD yang langsung saya ajak ngegas kerja merealisasikan berbagai program sesuai visi misi. Terimakasih pula kepada masyarakat Jembrana. Atas ijin dan perjuangan masyarakat Jembrana, saya dan Ipat dilantik 100 hari yang lalu menjadi bupati dan wakil bupati,” ucapnya.

Acara penyampaian capaian 100 hari kepemimpinan Tamba- Ipat dihadiri terbatas oleh jajaran forkopimda, perwakilan investor, koalisi partai pendukung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta sejumlah pembatasan undangan yang hadir. Turut juga hadir anggota DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra, Konsulat Jenderal India di Bali, Prakash Chand.

Serangkaian acara itu, juga dilaksanakan penandatangan MOU Pemkab Jembrana dengan beberapa instansi. Diantaranya, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, PT ASDP Indonesia Ferry, MOU dengan lima kampus terkait pendidikan dan kewirausahaan, MOU antara PT Surya Sanjaya dan PT Bima Sakti Junlio dengan 3 bendesa adat, yaitu Bendesa Adat Kertajaya Pendem, Bendesa Pekutatan serta Bendesa Adat Melaya.

Ikut dilaunching malam itu, market place Jembrana, aplikasi yang memudahkan UMKM dan masyarakat Jembrana bertransaksi. Launching ditandai dengan pemesanan online pertama oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Jembrana, Ny. Chandra Tamba. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *