formulir
Ilustrasi. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Parameter Politik Indonesia melakukan survei soal calon presiden yang terkuat dan menjadi pilihan untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di 2024. Hasilnya menunjukkan Prabowo Subianto menjadi tokoh terpopuler untuk menjadi Capres pada 2024.

Sementara itu posisi kedua adalah Ganjar Pranowo, posisi ketiga Anies Baswedan, posisi keempat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan posisi kelima Sandiaga Uno. “Elektabilitas capres lima nama terbesar apabila pemilihan presiden dilaksanakan saat ini, dimana Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi maka ada lima nama tokoh utama yang paling berpeluang,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno saat merilis hasil Survei Nasional Parameter Politik Indonesia soal “Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir” secara daring, Sabtu (5/6), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Capres Harus Siap Menang, Siap Kalah

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, kata Adi, menjadi tokoh paling populer saat ini dengan angka 22,3 persen. Lalu, diposisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,7 persen.

Ketiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 18,1 persen. Keempat, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 10,1 persen.

Posisi lima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dengan angka 7,5 persen. “Masih ada 22,3 persen angka suara yang ragu atau belum menjawab dalam survei lima tokoh Capres Pilpres 2024 ini,” ucap Adi menjelaskan.

Baca juga:  Jual Janur ke Bali Tanpa Izin Didenda Rp 50 juta

Menurut Adi, walaupun Prabowo Subianto elektabilitasnya masih paling tinggi, namun dominasinya kian melemah. “Keunggulan 8,2 persen pada Februari lalu menipis menjadi tinggal 1,8 persen pada Mei 2021,” katanya.

Dia menambahkan, ada tiga tokoh yang mengalami peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan selama rentang 3 bulan terakhir, yakni Ganjar Pranowo naik 2,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono naik 1,7 persen dan Sandiaga Uno naik 1,3 persen.

Baca juga:  Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar Sejauh 1,5 Kilometer

Survei yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021 ini diikuti 1.200 responden. Pengambilan sampel melalui sambungan telepon dengan margin of error sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *