Obyek wisata Putung. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Karangasem melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus berupaya dan berinovasi untuk menggali pendapatan asli daerah (PAD) dari pariwisata di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya, Dispar berencana melakukan penataan terhadap Objek Wisata Putung di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Komang Agus Sukasena, mengungkapkan, penataan ODTW Putung meliputi pembangunan dua unit toilet yang dilakukan tahun ini. Menurutnya, bangunan sangat dibutuhkan untuk kenyamanan pengunjung yang datang. “Untuk penataan ini, kita anggarkan sekitar 300 juta. Kita dapat bantuan dari pemerintah pusat untuk bangun dua toilet di Putung,” ucapnya.

Baca juga:  Jantung Borneo 2017, Gowes Membelah Crossborder Indonesia-Malaysia

Sukasena, menambahkan, untuk 2022, pemerintah daerah kembali mengusulkan penataan di Putung, seperti sarana untuk akomodasi berserta transportasi. Pihaknya berharap bantuan penataan ODTW Putung 2022 bisa lebih besar dari 2021.

Sebab, Putung berpotensi menambah pendapatan daerah Krangasem. “Sekitar tahun 80-an, ODTW Putung sempat menjadi wisata primadona. Banyak pelancong beristirahat dikarenakan pemandangan cukup indah. Dan sekarang wisata di Putung mulai redup. Makanya Putung akan ditata secara bertahap,” jelasnya.

Baca juga:  Polres Badung Awasi 154 Tempat Wisata

Selain ODTW Putung, ada beberapa obyek wisata yang juga ditata pada tahun ini, yakni Jemeluk, Pantai Tulamben, Candidasa, dan sekitar Pantai Yeh Malet. “Anggaran penataan objek wisata semuanya bersumber dari DAK,” pungkasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *