Dubes Ceko bertemu dengan Kadin Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Duta Besar Republik Ceko Jaroslav Doledek didampingi Assisten Duta Besar Jana Horchicova dan Deputy Head of Mission and Economic Affair Jacob Cerny dan Honorary Consulate of Checz Republic di Bali, IB Sidharta Putra bertemu dengan Ketua Kadin Bali, Made Ariandi dan sejumlah wakil ketua.

Dalam pertemuan itu, dikutip dari rilis yang diterima, Doledek menjelaskan bahwa pada saat ini masih ada Checz Community di Bali yang berinteraksi dengan masyarakat dalam hal aktivitas sosial dan pendidikan. Ia menjelaskan masyarakatnya menduduki peringkat 5 wisatawan Eropa yang datang ke Bali.

Baca juga:  Potong Birokrasi Berbelit, Kerambitan Buat Taman Serasi

Adapun potensi kerjasama yang bisa dijajaki dan ditawarkan meliputi bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang teknologi tepat guna untuk memproses hasil pertanian. Delegasi pengusaha Ceko direncanakan datang pada Juni 2021 untuk penjajakan awal kerjasama bisnis dengan pengusaha Kadin Bali.

Pada pertemuan ini juga dibahas peluang memulai upaya mendatangkan kunjungan wisman dari Ceko melalui beberapa konsep, seperti delegasi bisnis MICE melalui charter flight dengan alternatif opsi rute penerbangan Ceko-Dubai-Bali. Hal ini disepakati oleh Sidartha yang juga selaku pelaku usaha pariwisata untuk bisa di persiapan lebih awal.

Baca juga:  Kadin Bali akan Gelar Musprov

Ariandi yang didampingi Wakil Ketua Bidang Investasi Pariwisata, Agus Mahausadha dan Wakil Ketua Bidang Perdagangan Internasional, Nana Chan meyakinkan program vaksinasi di Bali yang sudah mencapai 2 juta vaksin terus digencarkan oleh pemerintah. Ini, untuk membentuk herd immunity dengan target minimal 70 persen penduduk tervaksinasi. Selain itu, ada juga peluang vaksinasi mandiri bagi tamu jika dibutuhkan dilaksanakan di Bali. “Kadin Bali juga siap untuk melakukan kerjasama dan melihat peluang terutama export yang ditawarkan oleh Pak Dubes,” ujar Ariandi. (kmb)

Baca juga:  Paling Terdampak Pandemi, Kadin Harapkan Ada Kebijakan Khusus Bagi Bali
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *