DENPASAR, BALIPOST.com – Sebuah SMS terkait peringatan dini tsunami diterima pengguna ponsel pada Kamis (27/5) sekitar pukul 10.41 WITA. Isinya Peringatan Dini Tsunami di JATIM, NTB, Bali, NTT, JATENG. Gempa Mag : 8,5, 04-Jun-21 10.14.45 WIB. Lok: 10.50LS, 114.80BT, Kdlmn:10km::BMKG.

Hal ini menimbulkan kepanikan di masyarakat karena SMS ini berisi soal peringatan dini tsunami. Padahal, gempa tidak ada terjadi pada pagi ini.

Baca juga:  Patients at Sanglah Hospital Increases Sharply After Holiday

Selain itu, peringatan dini ini ditujukan pada gempabumi yang akan terjadi pada 4 Juni atau sekitar 7 hari lagi. Bahkan jam gempabumi dan lokasinya dengan magnitudo sebesar 8,5 juga sudah diperkirakan sekitar 10.14 WIB. Padahal, ilmuwan menyatakan gempabumi masih belum bisa diprediksi secara akurat.

Dikonfirmasi soal ini, Brian Eko Permadi, Prakirawan BMKG Wilayah III Denpasar mengatakan kemungkinan besar terjadi “sistem error.” Ia mengaku pihaknya sedang menelusuri dan berkoordinasi dengan Kominfo RI. “Kemungkinan besar terjadi “sistem error” bpk/ibu, sedang kami telusuri dan berkoordinasi dgn kominfo RI,” sebutnya lewat pesan WhatsApp. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *