Bupati Suwirta saat turun ke lokasi TOSS Center untuk mengecek ulang para pekerja dalam mengelola sampah. (BP/Wir)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tiada henti mengevaluasi kinerja para petugas di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Minggu (23/5). Pengelolaan sampah di tempat ini harus sesuai dengan ritme yang sudah direncanakan sejak awal.

Proses penyempurnaan terus dilakukan pemerintah daerah, sehingga TOSS Center kian pantas menjadi objek studi daerah lain dalam mengelola dan mengatasi masalah sampah. “Upaya ini saya lakukan agar sistem pengolahan sampah disini terus berjalan maksimal. Setiap kekurangannya kita sempurnakan lagi. Masukan dan saran terus kita akomodir untuk menjadikan tempat ini tempat yang layak untuk belajar mengelola sampah. Tidak hanya daerah lain, bahkan Bappenas sendiri sudah melihat sendiri dan antusias dengan apa yang sudah kita wujudkan di sini,” ujar Bupati Suwirta didampingi Kadis LHP Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana saat memberikan arahan kepada para petugas.

Baca juga:  BPR Lestari Bali Bukukan Aset 5,1 Triliun di Akhir Tahun 2018

Di hadapan para petugas, Bupati Suwirta juga berharap agar inovasi dari program TOSS Center ini bisa terus disempurnakan. Apalagi sebelumnya sudah mendapatkan apresiasi dari Menteri PPN/Bappenas saat melakukan kunjungan.

Bappenas nampak begitu antusias melihat proses kerja TOSS Center ini dari dekat. Karena metodenya yang sederhana, tetapi efektif mengelola sampah menjadi bahan yang produktif lagi, seperti di pupuk kandang maupun pelet. “Mari pertahankan dan terus tingkatkan inovasi dari program TOSS Center ini, mari terus kita sempurnakan,” ujar Bupati Suwirta.

Baca juga:  Soal Aset Warga Dikuasai PDNKK, Bupati Suwirta Angkat Bicara 

Selain itu, Bupati Suwirta juga menambahkan agar para petugas benar-benar bisa menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing dan tidak ada yang asal-asalan bekerja. Langkah ini dilakukan agar sistem pemilahan sampah bisa berjalan optimal.

Sebab, kunci utama tempat tersebut bisa berfungsi maksimal sesuai dengan konsep awal, tentu adalah komitmen para pekerja di dalamnya. “Kedisiplinan juga terus ditingkatkan, jangan sampai para petugas ada yang bermalas-malasan. Sebab, sorotan terhadap TOSS Center akan semakin besar, sejalan dengan ekspektasi masyarakat terhadap TOSS ini,” harapnya.

Baca juga:  Sering Bolos, Tujuh Tenaga Kontrak Dishub Terancam Dipecat 

Hal yang tidak kalah pentingnya, Bupati Suwirta juga berharap masyarakat agar semakin taat memilah sampah dari telajakan rumah masing-masing. Ini akan semakin mempermudah pengelolaan sampah di TOSS Center. “Mari dukung program pemerintah ini dengan bijak, agar Klungkung bisa dari hulu hingga hilir terhindar dari permasalahan sampah. Programnya kita sudah punya, tinggal komitmen kita bersama untuk mewujudkannya,” imbuhnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *