Ayu Maulida dalam balutan kostum komodo di Miss Universe 2020 (Instagram/@ayumaulida97). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Raden Roro Ayu Maulida Puteri atau Ayu Maulida dalam ajang Miss Universe 2020 yang sedang berlangsung di Florida, Amerika Serikat pada Kamis (13/5), mengenakan kostum bertema Komodo Dragon: Warisan Prehitstoris Indonesia. “Kostum nasional ini merupakan hasil kolaborasi antara desainer Diana M Putri dari Diana Couture serta desainer akseoris Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design,” kata Ayu lewat unggahan Instagram miliknya hari ini.

Panjang kostum mencapai 3 meter dan beratnya lebih dari 300 kilogram. “Komodo adalah kadal terberat di Bumi. Berasal dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia selama jutaan tahun, komodo sering disebut sebagai Tautan terakhir ke Dinosaurus Prasejarah,” kata Ayu Maulida.

Baca juga:  Tarif PPh Final UMKM Segera Diturunkan

Ayu menambahkan, desainer Diana Putri memilih alas yang dapat dibalik berupa “Sequin 3D Black & Gold” untuk gaunnya itu sehingga menciptakan efek mewah dan liar yang menyerupai Komodo.

“Potongan dada 3D dan ekor yang dramatis dibuat dengan laser cutting kulit dan diwarnai dengan metode khusus agar menyerupai makhluk itu. Efek 3D pada ekor kemudian ditekankan dengan boning melalui balens,” katanya.

Untuk menambahkan efek kontes yang elegan, dasar Korset juga digunakan untuk lebih menekankan sosok Ayuma. “Semua manik-manik dibuat dengan tangan, sementara semua pelat logam yang menyerupai timbangan dijahit tangan dengan rumit,” jelasnya, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  KBS Kembali Buka

Di sisi lain, Yuling Hoo & Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih 3 jenis logam berbeda yang digabungkan menjadi 1, ketiga warna tersebut yaitu rustic gold, copper / bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombré pada gaun tersebut. Sisiknya dibuat dari palu dan hentakan.

Unggahan itu kini sudah disukai hingga 60 ribu lebih pengguna Instagram. Dalam video, Ayu Maulida terlihat anggun dan elegan menampilkan kostum komodo. Saat lampu diredupkan, kedua sarung tangan yang ia kenakan tampak menyala merah sewarna lava.

Baca juga:  Hari Ini, Kolaborasi SMPN 3 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar di Menyongsong Matahari Bali 2018

Ayu Maulida lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 11 Juli 1997. Sejak kecil, anak kedua dari tiga bersaudara ini bercita-cita menjadi model profesional. Perempuan pemilik tinggi badan 179 sentimeter itu menyandang gelar Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga angkatan 2015.

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020, menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, pada Jumat, 6 Maret 2020. Ayu mampu mengalahkan dua pesaingnya, yakni Putu Ayu Saraswati dari Bali dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *