Gempa bumi magnitudo 7,2 di Nias Barat (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, diterjang gempa bumi magnitudo 7,2, pada Jumat (14/5) pukul 13:33 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami. Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo mengatakan guncangan gempa bumi tersebut sempat membuat masyarakat panik dan keluar rumah. “Masyarakat panik dan keluar rumah,” kata Hiramo dikutip dari kantor berita Antara.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Baca juga:  STP NHI Bandung Cetak 502 Lulusan SDM Pariwisata Andal

Sementara berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi tersebut berada pada 0,10 LU dan 96,53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Apabila ditarik garis lurus, maka jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta. Menurut BMKG gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materil. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Pantai Gianyar Belum Miliki Alat Deteksi Tsunami
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *