Suasana rumah orangtua Brigjen TNI IGP Danny Nugraha Karya, Senin (26/4). (BP/kup)

GIANYAR, BALIPOST.com – Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersejata (KKB) di Desa Dambet, Beoga, Kab Puncakjaya, Papua, Minggu (25/4). Mendiang merupakan putra Bali asal Kelurahan Beng, Gianyar.

Saat kediaman Brigjen Danny dikunjungi, Senin (26/4), suasananya nampak sepi. IGP Danny merupakan anak pertama dari empat bersaudara yang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan.

Ayah Brigjen TNI Danny, I Gusti Putu Nugraha Karya merupakan anggota Kopassus yang telah pensiun. Meskipun bertugas jauh di Papua, Brigjen TNI Danny senantiasa memperhatikan kondisi orangtua beserta rumahnya di Bali.

Baca juga:  Liburan Seru Naik Kereta Api di Ambarawa, Cobain Yuk!

Salah satu pamannya, Gusti Made Karjana mengatakan sebelum gugur, almarhum sempat menyampaikan rencana menetap di Bali saat pensiun. Untuk itu, Danny pun mengirimkan dana pembangunan rumah di Lingkungan Beng Kelod Kauh, Kelurahan Beng.

“Saat ini bangunan rumah Brigjen TNI Danny dalam proses pembangunan,” ucapnya.

Karjana menyebutkan Brigjen Danny hampir setahun bertugas di Papua. Ia memang sempat dikabarkan akan dipromosikan menjadi Kasdam IX/Udayana.

Baca juga:  Pembebasan Lahan Shortcut¬†7-10, Pemilik Keberatan Harganya di Bawah Pasaran

Namun perjalanan karma Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Papua ini berkata lain. Mendiang gugur saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersejata (KKB).

Karjana mengatakan kepergian Danny meninggalkan seorang istri bernama Karolin dan dua anak laki-laki.

Ia mengatakan upacara penghormatan Brigjen TNI Danny sepenuhnya akan diserahkan kepada negara. Sudah ada utusan pihak keluarga dari Beng yang mengikuti upacara penghormatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Keempat orang perwakilan itu terdiri dari I Gusti Putu Karya yang tidak lain adalah ayah dari Brigjen TNI Danny, adik nomor 2 dari Brigjen TNI Danny, Ni Gusti Ayu Indriyana, ipar Brigjen TNI Danny, Hendrik Jan (Suami Indriyana), dan anak Brigjen TNI Danny, I Gusti Putu Krisna Karya.

Baca juga:  Sebelum Gelar Seminar, Pakelem Alit Digelar untuk Bhuto Ijo

Karjana mengatakan ayah Brigjen Danny, Karya, sudah siap mengikuti upacara penghormatan terakhir di Jakarta. “Orangtua korban sempat syok mendengar kabar gugurnya Brigjen TNI Danny, saat ini Gusti Putu Karya sudah kuat dan sudah berangkat ke Jakarta untuk menghadiri penghormatan terakhir untuk Brigjen TNI Danny,” tegasnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *