Tim Pemburu Pelanggar Prokes COVID-19 Polda Bali melakukan pemantauan di Pura Jagatnatha, Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pengawasan terhadap penerapan prokes oleh masyarakat terus dilakukan Tim Pemburu Pelanggar Prokes COVID-19 Polda Bali, termasuk saat umat Hindu merayakan hari raya Kuningan, Sabtu (24/4). Petugas melakukan pemantauan dan pengawasan pemedek (masyarakat) yang sembahyang di Pura Jagatnatha, Denpasar Timur.

Selain itu, para pedagang yang berjualan di sekitar areal pura tak luput dari sasaran Tim Pemburu Pelanggar Prokes. Petugas memberikan teguran, imbauan dan edukasi jika menemukan masyarakat yang salah menggunakan masker.

Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Firman Nainggolan menyampaikan, bahwa pada hari raya Kuningan, hasil pemantauan di areal Pura Jagatnatha masih ditemukan warga yang memakai masker tidak benar. Polisi langsung menegur agar menggunakan masker dengan benar.

Baca juga:  Baru 69,84 Persen Tanah Bali Bersertifikat

Sedangkan di areal pura sudah tersedia sarana mencuci tangan. “Ini bagus sekali karena fasilitas (cuci tangan) sudah tersedia. Sekarang tergantung kesadaran masyarakat dalam mentaati prokes guna mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Kombes Firman selaku Karendalops Aman Nusa Agung II-2021.

Menurut mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Maluku ini, aksi dilakukan Tim Pemburu Pelanggar Prokes Polda Bali tersebut merupakan salah satu upaya preventif dan preemtif Polri dalam menurunkan angka kasus COVID-19. “Kalau ada kerumunan warga yang berpotensi menjadi tempat penyebaran COVID-19, maka Polri akan hadir untuk memastikan masyarakatnya patuh prokes. Jika ada yang membandel dan tidak mengikuti imbauan petugas, Tim Pemburu Pelanggar Prokes akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Baca juga:  Pedagang Bermobil Banyak Berjualan di Ruas Jalan, Mestinya Ada Penataan

Ia mengharapkan agar momentum hari raya Kuningan ini dijadikan introspeksi diri untuk saling menjaga kesehatan diri dan orang lain. Intinya adalah bagaimana masyarakat bisa merayakan hari raya Kuningan dengan aman, nyaman dan sehat.

Pakailah masker agar tidak menimbulkan klaster baru. “Saya mengucapkan selamat hari raya Kuningan, semoga kita selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Usai melaksanakan pengawasan prokes di areal Pura Jagatnatha, Tim Pemburu Pelanggar Prokes menyasar masyarakat yang beraktivitas di areal Taman Lumintang Denpasar. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *