Simbolis penyerahan sembako oleh Ketua DPRD Badung didampingi Ketua Perbarindo Badung dan OJK. (BP/may)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Kabupaten Badung Peduli COVID-19 melaksanakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan tahun 2021 bersama OJK dengan tema “Investasi Aman bagi Masyarakat” di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Dalung pada Selasa (6/5).

Ketua Perbarindo Badung Agus Prima Wardhana didampingi Ketua Bidang Literasi dan Inklusi Keuangan Perbarindo Nengah Sutha Semadi dan Sekretaris Perbarindo Badung, I Wayan Eka Sudirtha mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan untuk melakukan kegiaran literasi dan inklusi keuangan. Tahun ini dilakukan di tiga tempat, yaitu Desa Darmasaba, Desa Dalung, dan di Kuta Selatan.

Kegiatan kali ini melibatkan tiga desa adat yang ada di Dalung yaitu Desa Padang Luwih, Dalung, dan Tuka. Sebagai tanggung jawab sosial di industri BPR memberikan bantuan kepada masyarakat Dalung yang terpapar COVID-19, baik yang menjalani isolasi mandiri maupun di rumah sakit dalam bentuk bantuan sembako.

Baca juga:  Diiringi Suara Ledakan, Resto Kebakaran di Kuta

Perbarindo Badung juga membagikan 3.000 masker pada tiga desa adat tersebut serta  pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, serta melakukan penyemprotan pada rumah warga yang terpapar. Diharapkan dapat mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di Dalung.

Tidak hanya membantu penanganan COVID-19, Perbarindo Badung juga ikut terlibat dalam mempercepat pemulihan ekonomi dengan menyalurkan kredit dengan suku bunga 0,9 persen per bulan sehingga pertahun hanya 10,8 persen. Produk kredit murah ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang paling terdampak di masa pandemi ini.

Baca juga:  Grand Istana Rama Hotel akan Gelar Pameran Buku

Pagu kredit yang disiapkan Rp 40 miliar. Masyarakat dapat mengakses kredit bunga murah tersebut di 48 BPR yang ada di Kabupaten Badung.

Ketua DPRD Badung I Putu Parwata mengapresiasi kegiatan Perbarindo Badung. Sinergi dan kolaborasi menurutnya sangat penting dilaksanakan di masa pandemi ini. Selain itu Perbarindo Badung juga hadir di tengah-tengah masyarakat mencegah masyarakat terjerat investasi bodong.

Perbarindo Badung juga menyentuh masyarakat langsung. Apalagi dalam lagu mars Perbarindo Badung disebutkan bahwa lebih fokus pada UMKM seperti misi pemerintah. Maka dari, masyarakat harus tahu cara mengakses ke perbankan.

Baca juga:  Era Industri 4.0, Koperasi Diminta Ikuti dan Aplikasikan Teknologi

Bendesa Adat Dalung I Nyoman Widana didampingi Bendesa Adat Padang Luwih dan Bendesa Adat Tuka menyatakan terima kasih pada Perbarindo Badung. Sebab, ikut berperan serta memberikan pencerahan kepada perbankan, edukasi perbankan sehingga masyarakat Desa Dalung tidak terjerumus pada investasi bodong. Perhatian Perbarindo Badung kepada warga Badung dalam bentuk pembagian sembako kepada warga terdampak pandemi dinilai sangat membantu.

Ketua Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Regional Bali Nusra IB Putu Siwa Adnyana berharap kegiatan literasi dan inklusi keuangan rutin dilaksanakan. Dengan terselenggaranya acara ini, masyarakat lebih teredukasi sehingga terhindar dari investasi illegal. “BPR adalah salah satu agen terdepan dalam melakukan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.