Bangli menggelar seleksi paskibra untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Pemkab Bangli tahun ini kembali menyiapkan pasukan pengibar bendera (Paskibra) untuk HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus. Proses seleksi calon pasukan pengibar bendera sudah dilakukan sejak bulan lalu.

“Seleksi dilakukan ke sekolah-sekolah. Dari 61 orang yang didapat diseleksi menjadi 30 orang. Dari 30 itu, dua orangnya disiapkan ikut seleksi ke provinsi dan 28 untuk di Kabupaten,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kadisdikpora Kabupaten Bangli Dewa Agung Purnama, Senin (5/4).

Baca juga:  Cuaca Buruk di Selat Bali, Penyeberangan Gilimanuk Terapkan "Buka-Tutup"

Setelah melalui proses seleksi, para calon pasukan pengibar bendera nantinya akan menjalani proses pelatihan. Mengenai kapan pelatihan mulai dilaksanakan, Agung Purnama mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk dari provinsi.

Proses latihan, dipastikan akan berlangsung tatap muka. Tidak bisa dilaksanakan secara online.

Latihan akan dilaksanakan di Lapangan Kapten Mudita. “Pelatihnya dari Tentara, Polisi dan Purna Paskibraka,” kata Agung Purnama.

Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 pihaknya akan mengusulkan para calon pasukan pengibar bendera mendapat vaksinasi. Jika nantinya para calon terbentur umur, vaksinasi tidak bisa dilakukan. “Kami hanya mengusulkan nanti tim yang menilai,” ujarnya.

Baca juga:  Bukan WNA, Ini Identitas Pendaki Meninggal di Gunung Agung

Dikatakan Sekretaris Satpol PP dan Damkar itu, pada tahun 2020 lalu seleksi calon pasukan pengibar bendera sempat dilaksanakan ke sekolah-sekolah. Namun tidak berlanjut karena tahun itu pandemi COVID-19 sedang merebak.

Pihaknya berharap, putra-putri Bangli tahun ini dapat kembali mewakili Provinsi Bali sebagai pasukan pengibar bendera pusaka di tingkat nasional. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *