Ilustrasi. (BP/Suarsana)

DENPASAR, BALIPOST.com – Lonjakan kasus COVID-19 terjadi pada Minggu (4/4). Data Satgas Penanganan COVID-19 Bali menyebutkan sebanyak 255 kasus baru dilaporkan Bali. Tapi, ada satu kabupaten yang hebat karena menjadi yang terbanyak melaporkan kasus baru dan langsung dicatatkan sembuh.

Dilihat dari sumber penularannya, 233 merupakan transmisi lokal, 28 orang pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), dan 4 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Kumulatif kasus, dilihat dari data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, mencapai 40.573 orang.

Untuk klasifikasi penularan, transmisi lokal mendominasi dengan jumlah 38.029 orang. Sedangkan PPDN mencapai 2.210 orang dan PPLN sebanyak 334 orang.

Sebaran kasus baru ada di seluruh kabupaten/kota. Terbanyak disumbangkan empat daerah dengan jumlah 234 orang atau hampir 92 persen dari total tambahan kasus hari ini.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Nasional Bertambah di Bawah 4.500, Kumulatif Korban Jiwa Lampaui 46.000

Untuk posisi teratas, tambahan kasus hingga seratusan orang dicatatkan Gianyar. Terdapat 122 warga dilaporkan terkonfirmasi.

Sedangkan posisi kedua hingga empat adalah Denpasar 53 orang, Buleleng 38 orang, dan Badung 21 orang. Lima kabupaten lainnya melaporkan kasus di bawah 10 orang. Yaitu Tabanan 9 orang, Klungkung 4 orang, Bangli 3 orang, Karangasem 2 orang, dan Jembrana 1 orang. Terdapat pula 2 warga kabupaten lain yang dilaporkan terinfeksi COVID-19.

Pasien sembuh bertambah sebanyak 231 orang. Ada dua kabupaten yang nihil tambahan pasien sembuh, yaitu Bangli dan Jembrana.

Baca juga:  Lab di AS Luncurkan Tes Portable COVID-19, Hasilnya Keluar 5 Menit

Langsung Sembuh

Tambahan pasien sembuh terbanyak dilaporkan Gianyar yang juga merupakan penyumbang tambahan kasus terbesar. Jumlah pasien sembuhnya pun sama dengan tambahan kasus, yaitu 122 orang.

Sumber : Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Ini artinya, dalam sehari pasien yang terkonfirmasi langsung dinyatakan sembuh. Sebab, kasus aktif Gianyar sehari sebelumnya hanya berjumlah 3 orang.

Sumber : Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Bukan hanya sekali ini, kasus baru langsung dicatatkan jadi pasien sembuh oleh Gianyar. Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Bali yang diupdate setiap hari di infocorona.baliprov.go.id, Gianyar melaporkan tambahan kasus baru yang langsung sembuh sejak 12 Maret 2021.

Sementara itu, tambahan pasien sembuh juga dilaporkan Badung sebanyak 33 orang, Denpasar 25 orang, Tabanan dan Buleleng sama-sama bertambah 17 orang, Karangasem 9 orang, dan Klungkung 6 orang. Terdapat pula 2 warga dari kabupaten lain yang dinyatakan sembuh.

Baca juga:  Ratusan WN Jerman dan Prancis Dievakuasi dari Bali

Ada 20 kasus aktif baru yang dilaporkan sehingga jumlahnya menjadi 1.598 orang. Lima besar untuk kasus aktif terbanyak adalah Denpasar 739 orang, Badung 259 orang, Buleleng 193 orang, Tabanan 120 orang, dan Klungkung 74 orang.

Untuk posisi keenam hingga sembilan adalah Bangli 63 orang, Karangasem 62 orang, Jembrana 19 orang, dan Gianyar 3 orang. Sebanyak 53 warga kabupaten lain dan 13 WNA juga masih dirawat. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *