Suasana Kota Brisbane. (BP/Antara)

SYDNEY, BALIPOST.com – Jumlah kasus COVID-19 lokal di Brisbane bertambah. Ini setelah adanya laporan 4 kasus baru yang merupakan varian Inggris.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, otoritas Australia mengumumkan penguncian COVID-19 tiga hari di Brisbane, kota wilayah utara. Penguncian mulai Senin sore (29/3).

Sekitar 2 juta orang di kota terbesar ketiga di negara itu dan ibu kota negara bagian Queensland, akan diminta untuk tinggal di rumah mulai pukul 5 sore waktu setempat. Kecuali untuk pekerjaan penting, perawatan kesehatan, berbelanja atau berolahraga.

Baca juga:  Pemilu Serentak akan Digelar 28 Februari 2024, KPU Bali Perjuangkan Penjadwalan Ulang

“Saya tahu ini imbauan yang sangat besar dan saya tahu ini sangat sulit,” kata Kepala Pemerintahan negara bagian Queensland Annastacia Palaszczuk kepada wartawan.

“Paskah kita akan segera tiba, kita memiliki liburan sekolah yang akan datang, tetapi mari kita lakukan sekarang dan lakukan dengan benar.”

Total ada sebanyak tujuh kasus varian Inggris yang dilaporkan Brisbane. Kasus pertama di klaster baru dilaporkan pada Jumat.

Palaszczuk menunjuk pada keberhasilan penguncian selama tiga hari di Brisbane pada awal Januari setelah ditemukannya satu kasus varian Inggris. “Itu berfungsi dengan sangat baik ketika kami melakukannya terakhir kali,” katanya.

Baca juga:  Akhir Pekan, Puluhan Ribu Kendaraan ke Luar Bali

Penguncian mendadak, aturan jarak sosial, dan sistem pelacakan kontak yang cepat telah membantu Australia menahan klaster baru dalam beberapa bulan terakhir. Brisbane melaporkan lebih dari 29.200 kasus dan 909 kematian sejak pandemi dimulai.

Penguncian Brisbane saat ini dijadwalkan selesai tepat sebelum akhir pekan panjang Paskah dan libur sekolah di Australia, biasanya waktu yang populer bagi orang-orang untuk bepergian.

Sekolah di kota itu akan ditutup mulai Selasa, pemakaman dibatasi hingga 20 orang dan pernikahan dibatasi hingga 10 orang. Jumlah pelancong internasional – sebagian besar warga negara yang kembali dan penduduk tetap – yang diizinkan masuk ke Brisbane telah dikurangi setengahnya.

Baca juga:  Pandemi COVID-19 Sebabkan Pansus DPRD Bali Usulkan Ini di Materi Ranperda Penyelenggaraan Kesehatan

Maskapai Virgin Australia mengatakan semua penerbangan domestiknya ke kota itu beroperasi seperti biasa pada Senin tetapi jadwal dapat diubah untuk menanggapi permintaan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *