Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana, Ny Candra Tamba bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster menyerahkan bantuan bagi keluarga di Jembrana yang mengalami stunting dan ibu hamil. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, Minggu (21/3) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jembrana. Acara dipusatkan di Watilan Pura Jagatnatha, Jembrana.

Kedatangan istri Gubernur Bali beserta rombongan diterima oleh ketua TP. PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Candra Tamba beserta Bupati Jembrana, I Nengah Tamba serta Pj. Sekda, I Nengah Ledang.

Dalam kunjungannya itu, ketua TP PKK Propinsi Bali, Ny Putri Koster mengatakan, kunjungan ini berkaitan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49. Untuk Kabupaten Jembrana pihaknya mengaku mendapat kunjungan yang terakhir. “Kehadiran kami bersama segenap jajaran dari dinas terkait di Propinsi Bali selain untuk mensupport TP. PKK yang ada di setiap kabupaten dan kota di Bali dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49, juga kami memberikan bantuan bagi warga masyarakat khususnya kepada keluarga gizi buruk dan ibu hamil berupa paket makanan sehat serta bantuan sembako berupa beras masing-masing seberat 25 kg yang diperuntukkan kepada 20 kk,” ujarnya

Baca juga:  Api Ludeskan Rumah Warga di Pengambengan, Pemilik Alami Luka Bakar

Kata Ny. Putri Koster, dalam 10 program pokok PKK, salah satu yang menjadi perhatian serius adalah masalah keluarga penderita stunting. Prioritas dari 10 program pokok PKK yang patut diapresiasi adalah masalah stunting ini.

Stunting, bukan berarti mereka sejak lahir kekurangan gizi melainkan, bermula sejak ibunya hamil. “Untuk itu, kepada ibu-ibu yang yang akan melahirkan, agar tetap memperhatikan faktor-faktor kesehatan mulai dari pra nikah, saat hamil termasuk setelah melahirkan. Ini sangat peting, megingat bayi yang dilahirkan itu merupakan calon-calon masa depan bangsa yang sangat diharapkan,” ujarnya.

Baca juga:  Tatap Muka Pengurus PKK se-Bali, Setiap Kabupaten Digelontorkan BKK Rp 500 Juta

Ny. Putri Koster juga mengaku, ibu yang tidak sehat saat masa hamilnya, sangat berpotensi melahirkan anak yang tidak sehat juga. “Untuk itu saya harapkan ibu-ibu saat hamil untuk selalu memeriksakan kesehtannya baik di puskesma maupun di praktek-praket bidan terdekat secara rutin,” harapnya.

Ny. Putri Koster juga menitipkan pesan kepada Bupati Jembrana, I Nengah Tamba agar keberadaan PKK yang ada di tengah-tengah masyarakat diberikan pehatian terutama dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing. ”Pak bupati, PKK ini kami titip untuk selalu diajak dan dilibatkan dalam memajukan pembangunan di Jembrana. Dengan peran dan fungsinya yakni, menjalankan 10 program pokok PKK, ke depan kami yakin akan tercetak generasi-generasi sehat, cerdas dan berbudi pekerti luhur,” harapnya.

Baca juga:  Realisasikan Program HATINYA PKK, Ny. Putri Koster Puji Sinergi Pemkab dengan TP PKK Klungkung

Sementara, ketua TP. PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Candra Tamba mengaku sangat mengapresiasi kehadiran ketua TP. PKK Propinsi Bali. “Kami sebagai ketua TP. PKK Kabupaten Jembrana dan segenap anggota tentu sangat apresiasi dan gembira. Momentum dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 49 tahun ini tentunya akan kami jadikan penyemangat. Ini suatu bukti nyata sebuah kebersamaan yang patut dijadikan modal penyemangat dalam memajukan peran PKK dalam pembangunan,” terangnya.

Sebelum meninggalkan Jembrana, ketua TP. PKK, Ny. Putri Koster yang didampingi ketua TP. PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Candra Tamba dan Bupati, I Nengah Tamba diajak melihat berbagai hasil kerajinan industri rumah tangga. Termasuk produk tenun khas Jembrana, yakni Endek. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *