Dampak bencana di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek, membuat Bale Pawedaan roboh. (BP/gik)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (1/3), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Dilanda Angin Kencang Sehari, Klungkung Hadapi Kerugian Material hingga Miliaran Rupiah

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bencana angin kencang, Minggu (28/2), menimbulkan banyak kerusakan pura dan rumah. Terjangan angin kencang yang begitu kuat merobohkan sejumlah bangunan pura dan mengakibatkan pohon tumbang yang merusak rumah warga di sejumlah desa.

Dari data rekap bencana BPBD Klungkung, dampak bencana terparah terjadi di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek di Desa Pundukdawa, Kecamatan Dawan. Karena sapuan angin kencang itu merobohkan Bale Pawedaan megah di pura setempat. Titik bencana ditempat ini saja, menimbulkan kerugian sekitar Rp 1,3 miliar.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Penyeberangan Kusamba-Nusa Penida Dibuka, Tapi Belum Normal

2. Jelang PTM, Puluhan Ribu Tenaga Pendidik Dapat Vaksinasi

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah menyasar pekerja pariwisata, Pemerintah Provinsi Bali akan menyasar wartawan dan tenaga pendidik untuk vaksinasi tahap kedua. Hal ini lantaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mencanangkan pada Juli mendatang pembelajaran tatap muka siap dimulai.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya mengatakan, untuk tenaga pendidik di Bali, akan disasar sebanyak 23.201 orang pada Maret ini. Vaksinasi untuk tenaga pendidik ini akan berlangsung lebih lama mengingat banyaknya sasaran. “Vaksinasi untuk tenaga pendidik ini dilakukan pada Maret sampai April. Semua pengajar akan divaksin,” kata Suarjaya, Minggu (28/2).

Selengkapnya baca di sini

3. Akhirnya! Oknum ASN Inspektorat Daerah Kembalikan Dana PEN Jutaan Rupiah ke Kejari Buleleng

SINGARAJA, BALIPOST.com – Setelah lama ditunggu, bahkan sempat disebut tak ada yang menerima aliran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Dinas Pariwisata Buleleng, oknum ASN di Inspektorat Daerah menyetorkan uang ke Kejari Buleleng. Uang senilai jutaan rupiah itu, disetor pada Senin (1/3).

Baca juga:  Dirasakan hingga ke Bali, BMKG Perbarui Magnitudo Gempa di Selatan Jawa

Kepala Seksi (Kasi) Intel A.A Jayalantara seizin Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Buleleng Putu Gede Astawa mengatakan, ada 1 orang perwakilan oknum ASN Inspektorat Daerah menyerahkan langsung uang kepada tim penyidik. Sesuai berita acara penyitaan barang bukti, penyidik menerima uang dari oknum ASN itu Rp 2 juta.

Selengkapnya baca di sini

4. Pasutri Juru “Sapuh” Pura Ksirarnawa Selamat dari Terjangan Beringin Keramat

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bencana angin kencang telah merusak banyak bangunan akibat pohon tumbang. Bahkan, gubuk tua beratap seng karatan yang ditinggali pasutri lansia Nengah Kesul (78) dan Nengah Rindu (60), juga rusak diterjang pohon beringin keramat.

Baca juga:  Konsumsi Ini, Jika Ingin Hilangkan Bau Badan

Beruntung, pasutri beserta keluarganya selamat dari terjangan pohon beringin itu.

Selengkapnya baca di sini

5. Januari 2021, Kunjungan Wisman ke Bali Anjlok Hampir 100 Persen!

DENPASAR, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali mengalami anjlok yang sangat drastis pada Januari 2021. Anjloknya kedatangan wisman ke Bali ini diungkapkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Senin (1/3).

Data BPS Bali mencatat kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari 2021 turun 93,33 persen bila dibandingkan dengan bulan Desember 2020. “Kunjungan wisman pada Januari 2021 turun 93,33 persen bila dibandingkan dengan bulan Desember 2020. Sedangkan bila dibandingkan pada bulan Januari 2020 kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali pada bulan Januari 2021 turun 99,99 persen,” kata Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *